makanan khas madura

Makanan Khas Madura Paling Enak Dan Wajib Anda Coba

Posted on
Spread the love

Makanan Khas Madura – Madura, meskipun pulau ini terletak di seberang Pulau Jawa, namun bahasa daerah setempat benar-benar berbeda. Logatnya cukup unik, dan hampir semua penduduk menggunakan Bahasa Madura. Tapi tidak perlu takut roaming saat berada di Madura, karena Anda tetap bisa menggunakan Bahasa Indonesia.

Kota ini memiliki banyak pantai dan memiliki jembatan Suramadu yang terkenal sebagai penghubung dengan Surabaya. Pada saat-saat tertentu, Pulau Madura akan ramai dikunjungi oleh para peziarah yang mengunjungi makam-makam wali dan situs sejarah serta keagamaan. Dan jika Anda datang di bulan Agustus, September, atau Oktober, Anda bisa melihat pertunjukan Karapan Sapi yang khas dari Madura. Tersohor akan satenya, bukan berarti di Madura hanya ada sate. Banyak makanan khas Madura lainnya yang bisa Anda cicipi jika bertandang ke sana, di antaranya adalah sebagai berikut:

Makanan Khas Madura

 

1. Makanan Khas Madura Bangkalan

Bangkalan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Madura dan termasuk dalam Gerbang kertosusila, atau kawasan metropolitan Surabaya. Makanan khas Madura di Bangkalan cukup unik dan memuaskan lidah. Banyak ragam dan pilihan menu khas daerah yang akan Anda temukan di Bangkalan.

Salah satu menu khas Bangkalan adalah Topak Ladhe, yaitu daging sapi dengan kuah santan dan rempah. Menu ini biasanya disajikan sebagai makanan di hari raya atau hari besar. Selain itu ada Tajin Sobih yang disajikan seperti bubur dan ditambah cokelat cair atau gula jawa cair sebagai tambahan rasa.

2. Makanan khas Madura Pamekasan

sate lalat, makanan khas pamekasan madura

Seperti halnya Bangkalan, Pamekasan yang merupakan kabupaten di Pulau Madura juga memiliki beragam kuliner unik. Makanan khas Madura Pamekasan yang banyak diminati antaranya sate lalat. Meskipun dinamai begitu, bukan berarti Anda akan disajikan masakan berbahan lalat. Karena potongan daging yang kecil-kecil dan menyerupai lalat, menyebabkan panganan ini memiliki nama unik seperti itu.

Selain sate lalat, ada juga soto lorjuk. Soto ini memiliki bahan yang hampir sama dengan soto pada umumnya. Tetapi yang menjadikannya istimewa adalah campuran kerang lorjuk dan tambahan petis yang juga dibuat dengan kerang lorjuk. Untuk minuman, Pamekasan punya wedang pokak yang menghangatkan tubuh dan sangat pas diminum saat musim hujan. Wedang ini berbahan daun sereh, cengkeh, jahe yang telah digeprek, daun pandan dan gula batu.

3. Makanan Khas madura Sampang

depot al ghozali, makanan khas sampang madura

Satu lagi wilayah Madura yang memiliki kuliner lezat dan terkenal, Kabupaten Sampang. Daerah ini bejarak kurang lebih seratus kilometer dari Surabaya. Makanan khas Madura Sampang adalah Nasi Kobel yang berawal dari perbekalan nelayan yang diberikan oleh istrinya. Nasi kobel adalah nasi dengan lauk berupa ikan laut, sambal kelapa yang dipanggang di atas cowek, dan sambal buje cabbih. Sambal buje cabbih adalah cabe dan garam yang dihaluskan tanpa menggunakan air.

Sampang juga menjadi salah satu tujuan pecinta daging bebek karena memiliki bebek songkem. Keistimewaan rasa dari bebek songkem ini karena lamanya proses pembuatan, yaitu dikukus selama tiga jam. Bebek yang telah dilumuri bumbu dan dibungkus daun pisang itu menjadi lebih sedap dan empuk. Bagi penggemar sapi, Anda bisa mengunjungi depot Al-Ghazali yang menjual sum-sum dan disajikan lengkap dengan tulang lututnya. Penyajian unik kedai yang buka sejak pukul tujuh pagi tersebut membuat pengunjung dapat memakan sum-sum menggunakan sedotan.

4. Otok

otok, oleh oleh khas madura

Menyambangi tempat baru tentunya harus menyempatkan diri untuk membeli buah tangan sebagai hiburan bagi kerabat yang tidak ikut serta. Oleh-oleh khas Madura yang cukup populer adalah otok. Otok merupakan biji kacang panjang yang digoreng dan dibumbui dengan beragam pilihan rasa, seperti manis, gurih, pedas, dan asin. Makanan ringan tradisional khas Madura ini dapat dimiliki dengan membayar sekitar 12.500 rupiah saja. Rasanya yang khas dan unik sangat cocok untuk dijadikan teman perjalanan atau diberikan pada kerabat sebagai oleh-oleh.

5. Nasi Jagung

nasi jagung khas madura

Makanan khas Madura yang wajib dicoba saat bertandang ke seberang Surabaya itu adalah nasi jagung. Bisa dibilang nasi jagung merupakan makanan yang banyak ditemui di seluruh Indonesia. Tetapi rasa dari nasi jagung di Madura lebih nikmat apalagi jika ditambah gudangan, peyek, dan pepes sebagai pelengkap. Makanan dengan kadar glukosa rendah ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan dan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Sewel

sewel, makanan khas madura

Daerah Madura yang dikelilingi lautan membuat beragam olahan ikan, udang bahkan kerang mudah ditemui. Salah satu camilan khas Madura yang memanfaatkan kekayaan sumber daya alam tersebut adalah Sewel. Bahan dasar dari kudapan tradisional ini adalah kanji, udang, serta bumbu-bumbu yang menambah kelezatannya. Untuk mendapatkan rasa yang sempurna, sebaiknya Sewel ini dinikmati bersama saus kacang pedas. Harga camilan gurih yang menjadi favorit masyarakat setempat saat bulan Ramadhan ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp.500,00 per biji.

7. Kaldu Kokot

kaldu kokot, kuliner khas madura

Makanan khas Madura yang satu ini juga sangat unik dan sulit ditemukan di daerah lain. Kaldu kokot merupakan sop kacang hijau yang diberi kikil atau daging sapi dan berbagai bumbu sebagai penyempurna rasa. Biasanya makanan ini dinikmati bersama nasi, tapi tak jarang juga orang menyantapnya dengan lontong. Jika Anda kebetulan sedang berada di Madura, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner unik ini.

8. Kobhu’

Minuman khas Madura yang termasuk favorit adalah kobbhu’. Tampilannya sangat mirip dengan wedang jahe, tetapi kobbhu’ sama sekali tidak menggunakan jahe sebagai bahannya. Minuman ini diracik dengan menggunakan kelapa muda, air kelapa, gula merah, dan serai yang dimemarkan. Aroma dari serai ini yang membuat sensasi rempah unik ketika dinikmati. Karena itu, kobbhu’ yang disajikan hangat atau dingin selalu menjadi obat haus favorit banyak orang.

9. Lorjuk

lorjuk, oleh oleh khas madura

Olahan lorjuk ternyata juga bisa menjadi makanan ringan khas Madura yang cukup memuaskan indra pengecapan. Salah satu panganan berbahan kerang berbentuk seperti bambu itu adalah Rengginang Lorjuk. Kudapan ini banyak ditemui di daerah Madura baik yang masih mentah atau sudah digoreng. Jika Anda berniat menggoreng sendiri di rumah, sebaiknya dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari agar rengginang dapat mengembang sempurna.

10. Olet

olet, makanan khas madura

Pernah mendengar panganan bernama olet? Sepertinya tidak banyak yang tahu jajanan khas Madura ini. Cara membuat olet adalah dengan dikukus. Bahan utamanya berupa singkong, ketan hitam, parutan kelapa, dan disiram tangguli yang berarti gula.

Jajanan ini banyak diproduksi di Kecamatan Lenteng, Sumenep. Terutama di Desa Bilapora, karena masyarakat sana sudah membuat olet secara turun temurun. Olet bisa Anda temukan di Pasar Kecamatan lenteng dengan harga delapan ribu rupiah untuk satu porsi.

Itulah beberapa makanan khas Madura yang bisa Anda coba jika sedang berkunjung ke sana. Rasa yang unik dan sulit ditemukan di daerah lain membuat banyak orang ingin terus kembali ke Madura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *