makanan khas temanggung

14 + Makanan Khas Temanggung Yang Unik Dan Murah

Posted on
Spread the love

Makanan Khas Temanggung – Temanggung merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini terletak diantara gunung Sumbing dan Sindoro. Dan berbatasan langsung dengan 4 Kabupaten di Jawa tengah yakni Kendal, Semarang, Magelang, dan Wonosobo.

Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil kopi dan tembakau terbesar di Jawa Tengah. Hampir 40% Kabupaten Temanggung menyumbang produk kopi di Jawa Tengah. Sedangkan tembakau Temanggung dikenal sebagai bahan pembuat rokok kretek. Di Temanggung, tanaman tembakau ini banyak dibudidayakan di daerah lereng gunung Sumbing, Sindoro dan Perahu.

Selain sebagai penghasil Kopi dan Tembakau terbesar di Jawa Tengah. Temanggung memiliki kuliner-kuliner tradisional khas yang beragam dan unik-unik. Yang paling penting makanan khas Temanggung ini sangat terjangkau sekali karena murah tapi mewah di lidah. Selain kuliner, Kabupaten ini juga memiliki souvenir yang banyak diburu oleh wisatawan. Berikut ini beberapa kuliner dan souvenir Temanggung yang perlu anda buru dan dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Kabupaten ini.

Makanan Khas Temanggung

1. Sego Gono

sego gono, makanan khas temanggung

Merupakan makanan khas Temanggung yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan sayur-sayuran. Ada buncis, kol, daun lembayung yang diris tipis, parutan kelapa, ikan teri dan tempe. Biasanya ditambah ketang dan jeroan isi. Rasa yang gurih dan lezat ini sangat cocok jika disantap ketika masih hangat.

2. Tiwul

tiwul makanan khas kabupaten temanggung

Adalah makanan yang terbuat dari tepung gaplek diberi air kemudian diaduk sampai membentuk butiran seperti pasir. Cara masaknya dengan diapanaskan menggunakan dandang dan dicampur dengan gula merah. Rasanya yang manis akan leboh nikmat jika ditaburi dengan parutan kelapa. Makanan khas Temanggung ini terbukti lebih rendah kalori dibandingkan dengan nasi.

3. Kupat Tahu Batoar

kupat tahu batoar, kuliner khas temanggung

Berbeda dengan yang ada di Magelang, Kupat tahu Temanggung cenderung memiliki rasa bumbu kacang yang kuat. Sedangkan di Magelang cendurung memiliki rasa manis dari kecap. Kupat tahu ini merupakan campuran dari ketupat dan potongan sayuran yang disiram dengan kuah kacang, bawang goreng dan kecap. Lokasi Kupat Tahu Batoar ini di jalan Gilingsari Pandean Temanggung.

” [ Baca Juga : Wisata Alam Di Temanggung Yang Patut Untuk Dikunjungi ] “

4. Wedang Ronde Wasis

wedang ronde wasis khas temanggung

Merupakan salah satu minuman khas Temanggung yang beda dari yang lain. Yang membedakan dengan wedang ronde lainnya adalah tambahan emping pada sajiannya. Emping adaah semacam gorengan yang terbuat dari kulit mlinjo. Selain emping dalam satu posi wedang ini terdapat kolang kaling, kacang tanah yang disangrai, dan mochi (ronde) serta kuah jahe.

5. Lento

lento jajanan tradisional khas temanggung

Makanan khas Temanggung yang terbuat dari singkong yang ditumbuk halus yang dicampur dengan tepung dan kedelai kemudian di goreng. Lento ini memiliki beberapa varian jenis tergantung bahan yang digunakan. Ada lento kacang hijau, singkong dan kacang tolo, serta kedelai. Oleh-oleh khas parakan Temanggung ini dapat kalian temukan di Pasar Entho. Pasar Entho ini terletak di gang daerah Pecinan Parakan Temanggung. Pasar ini mulai ramai pada pukul 06.30-11.00 WIB.

6. Perkedel Kimpul

perkedel kimpul makanan khas kabupaten temanggung

Makanan yang satu ini terbuat dari Kimpul atau biasa kita sebut Talas. Cara pembuatannya yakni dengan cara kimpul (Talas) direbus dahulu kemudian di haluskan dengan cara di tumbuk. Setelah ini dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan putih, merica serta pala. Kemudian dibentuk bulat dan di goreng. Rasanya yang gurih akan membuat anda ketagihan.

7. Tempong

Adalah makanan yang berbahan dasar tempe semangit. Tempe semangit adalah tempe yang di diamkan beberapa hari sampai sedikit membusuk. Nah, yang membuat enak makanan satu ini karena tempe nya yang sudah membusuk tersebut. Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya dengan mencampur tempe semangit dengan bumbu pedas seperti cabe, kencur dan kemangi. Kemudian setelah tercampur di bentuk bulat dan di goreng. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Parakan Temanggung.

8. Entho Cothot

entho chotot, jajanan khas temanggung

Makanan khas ini terbuat dari singkong yang di kupas lalu direbus hingga matang dan lunak. Setalah itu ditumbuk dengan alu sampai halus. Kemudian bahan yang sudah halus dibentuk bulat sebesar kepalan tangan. Ada dua jenis entho cothot yaitu yang di goreng dan didalamnya diberi gula dan yang satunya diberi warna coklat serta ditambah gula aren.

9. Bubur Saren

bubur saren khas temanggung

Adalah makanan khas yang terbuat dari tepung ketan dan dicampur dengan gula jawa. Kemudian ditambah rempah-rempah seperti jahe, kayu manis dan cengkeh. Penyajiannya disiram dengan kuah santan dan dibungkus dengan daun pisang.

10. Jali

jali, makanan tradisional temanggung

Meruakan makanan yang terbuat dari jenis ketan yang berwarna putih, dan lengket. Yang membedakan dengan yang lain, butiran ketan nya lebih besar-besar. Rasa dari jali ini sangat gurih dan sangat pas sekali dinikmati dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah.

11. Kipo

kipo, makanan tradisional temanggung

Nama makanan ini Kipo bukan Kepo. Kipo adalah kue bakar yang lonjong dan pipih. Bahan dasar makanan ini adalah tepung yang berisi adonan gula jawa dan kelapa. Kemudian dibungkus dengan daun pisang. Sekilas makanan ini seperti otak-otak yang ada di Jakarta.

12. Bajingan

bajingan, makanan khas temanggung

Makanan khas Kabupaten Temanggung selanjutnya yaitu Bajingan, Bajingan ini nama makanan khas ya, bukan berkata kotor. Bahan dasar membuat bajingan ini adalah singkong. Singkong direbus kemudian di potong kecil-kecil. Setelah itu direbus lagi dengan gula merah dan santan. Rasa nya yang manis dapat mengubah namanya yang kasar menjadi nikmat.

13. Ndas Borok

ndas borok, makanan tradisional temanggung

Ndas borok itu artinya kepala yang borokan. Namun ini hanya nama makanan bukan semacam kepala yang di jual. Makanan khas Temanggung ini terbuat parutan singkong dan kelapa yang atasnya diberi gula jawa kemudian di kukus. Dari tampilannya memamng mirip seperti kepala yang borokan. Namun, rasanya dijamin gurih dan manis.

14. Ketan Gudig

ketan gudig, kuliner khas kabupaten temanggung

Kalau dalam bahasa Indonesia nya adalah Ketan yang penuh koreng. Makanan ini bukan dai koreng asli melainkan terbuat dari beras ketan dicampur dengan kacang gelandang. Bentuk dan warnanya yang bentol-bentol hitam mengingatkan kulit yang terkena penyakit Gudig/korengan. Beruntung sekali jika anda berkunjung ke Temanggung dan mendapatkan makanan yang satu ini. Dikarenakan makanan ini cukup langka.

15. Kaos Mbejujag Temanggung

kaos mbejujang, oleh oleh khas temanggung

Merupakan salah satu souvenir yang menjadi pusat oleh-oleh khas Temanggung yang paling dicari. Daya tarik dari brand kaos mbejujag ini adalah banyak yang menggambarkan kata-kata khas Temanggungan. Kata-katanya seperti “Senasip-sepenanggungan, “Sikak De’e”, “Entho”, dan lain sebagainya. Souvenir khas ini dapat kalian pesan memalui media sosial seperti facebook dengan username “Mbejujag Temanggung”.

Itulah beberapa kuliner-kuliner unik dan sauvenir yang menjadi ciri khas Kabupaten Temanggung. Untuk Anda yang ingin berkunjung kesana, jangan lupa mencicipi makanan khas Temanggung yang beragam dengan rasanya yang luar biasa nikmat.

Info Wisata Lainnya :

5 thoughts on “14 + Makanan Khas Temanggung Yang Unik Dan Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *