pantai hiu pangandaran
foto: https://www.instagram.com/nitaoktvn_/

Pantai batu hiu pangandaran yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran, Banten, disebut-sebut memiliki keindahan alam yang menyerupai Tanah Lot, Bali. Hal ini dikarenakan kesan romantisme pantai yang kental sangat dirasakan di tempat ini.

Pantai di Banten tersebut dijuluki sebagai batu hiu karena penampakan karang di tengah laut yang kabarnya menyerupai ikan hiu. Konon, batu hiu tersebut merupakan jelmaan dari hiu tangkapan pasukan mataram yang dibuang kembali ke laut.

Legenda tersebut masih menjadi kepercayaan masyarakat setempat meskipun batu karang tersebut sudah banyak yang terkikis oleh ombak pantai sehingga bentuknya sudah tak lagi sama.

Alamat dan Rute Lokasi

lokasi pantai hiu pangandaran
foto: https://www.instagram.com/deniiteguhlestari_21/

Pantai batu hiu pangandaran berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Banten. Posisi pantai ini berjarak 14km saja dari Pantai Pangandaran yang lebih dahulu exist dibandingkan batu hiu.

Banyak rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke pantai di Pangandaran yang ikonik ini. Anda bisa memanfaatkan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus kota dari terminal untuk tujuan Pantai Pangandaran. Selanjutnya, perjalanan diteruskan dengan menggunakan angkutan umum menuju ke Desa Cijulang dan terakhir Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai ke pantai batu hiu.

Pantai batu hiu pangandaran juga bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Start bisa dimulai dengan menuju ke arah Pantai Pangandaran.

Selanjutnya, lajukan kendaraan berturut-turut ke Jl. Bulak Laut dan Jl. Cijulang hingga Anda menemukan sebuah papan petunjuk untuk menuju ke pantai batu hiu.

Harga Tiket Masuk Pantai Hiu

harga tiket masuk pantai hiu
foto: https://www.instagram.com/wahidwidodo/

Biaya tiket masuk pantai batu hiu pangandaran adalah berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan. Pengunjung akan dimintai HTM saat melewati pos retribusi yang letaknya tidak jauh dari lokasi pantai.

Secara detail, biaya tiket masuk yang harus dipersiapkan pengunjung tercantum dalam tabel berikut:

Harga Tiket

Pejalan kaki Rp3.300,-
Sepeda motor Rp7.000,-
Mobil Sedan atau Jeep Rp19.500,-
Mobil Carry Rp36.000,-
Mini bus Rp68.000,-
Bus ukuran ¾ (sedang) Rp106.000,-
Bus Besar Rp172.000,-

Baca juga –> Tempat Wisata di Subang Yang Menarik dan Terpopuler

Jam Buka Tutup

Jam operasional pantai batu hiu pangandaran tidak dibatasi alias 24 jam nonstop sehingga wisatawan diperbolehkan untuk memasuki area pantai meskipun siang sudah berganti malam. Sayangnya, pantai yang menjadi bagian dari Samudra Hindia ini memiliki ombak yang tinggi khas pantai selatan sehingga cuaca di malam hari sangat dingin dan anginnya kencang.

Demi keamanan dan kenyamanan, alangkah baiknya jika Anda berkunjung di waktu-waktu yang masih ramai dipadati wisatawan. Selain aman karena ada petugas life guard, pemandangan pantai yang indah juga dapat dinikmati dengan jelas dan diabadikan dalam view foto pantai yang menawan.

Obyek Wisata

wisata pantai hiu pangandaran
foto: https://www.instagram.com/channulll/

Pantai batu hiu sebagai salah satu pantai terindah di Kabupaten Pangandaran ternyata memiliki sejumlah obyek wisata popular yang kerap dinanti-nanti oleh para wisatawan yang datang. Beberapa objek wisata yang paling diminati di pantai ini antara lain seperti dikutip dari infopantai.com:

1. Berenang dan Menikmati Sunset

Aktivitas utama yang seringkali dilakukan oleh wisatawan adalah berenang di tepi pantai. Namun, Anda harus ekstra hati-hati karena ombak di pantai ini cukup besar sehingga pastikan bahwa keluarga tercinta tetap dalam pengawasan.

Para pengunjung yang melintas di sepanjang bibir pantai juga harus waspada karena pasir pantai nan luas tersebut kerap dipenuhi ubur-ubur. Meskipun ukurannya kecil, namun binatang laut tersebut dapat menyengat dengan luka goresan yang cukup serius.

Selain berenang, panorama sunset yang tampak saat senja juga menjadi momen penting yang selalu ditunggu-tunggu. Tak sedikit wisatawan yang melakukan pengambilan gambar pantai dengan background sunset tersebut.

2. Gua Mulut Hiu dan Pesona Karang Batu Hiu

Tepat di sekitar bibir pantai terdapat sebuah gua buatan yang menyerupai mulut hiu. Gua tersebut menjadi sarana untuk menuju ke salah satu bukit-bukit kecil yang ada di pinggir pantai.

Melalui bukit-bukit kecil inilah para wisatawan dapat melihat dengan jelas keberadaan batu hiu yang terletak di tengah lautan. Itulah mengapa gua tersebut menjadi salah satu spot wisata paling menarik untuk dikunjungi.

Ada satu tips wisata di pantai batu hiu yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu membawa serta ponsel atau kamera terbaik yang dimiliki.

3. Batu Hiu Culture Festival

Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan sebuah festival tahunan yang diadakan di sekitar pantai batu hiu. Tradisi tersebut dikenal dengan istilah ‘Ruat Jagat Sila Samparan’ dimana masyarakat setempat akan melakukan ritual berupa doa dan syukur di tepi pantai.

Datang juga ke –> Tempat Wisata Di Garut Yang Begitu Mempesona

Pantai batu hiu pangandaran wajib masuk dalam daftar wisata alam yang akan Anda kunjungi di kemudian hari. Siapkan budget yang cukup untuk HTM serta membeli sejumlah oleh-oleh pantai, seperti makanan khas pantai ataupun baju pantai yang biasanya dijajakan di stand-stand tepi pantai.

Video Travel Vlog Terbaru Ke Destinasi Tersembunyi Paling Cantik