tempat-menarik-di-sarawak
Foto : @guinness_k

Kuching merupakan ibu kota sekaligus ikon utama di Sarawak. Sehingga tak sedikit pelancong penasaran akan rupa dari Sarawak. Dan menyinggahi berbagai tempat menarik di Sarawak. Berikut ulasannya:

Tempat Menarik Di Sarawak

1. Perkampungan Budaya Sarawak (Sarawak Cultural Village)

Salah satu tempat percutian menarik di Sarawak adalah Perkampungan Budaya Sarawak. Tempat ini juga dikenal dengan musium kehidupan. Sekitar 150 orang penduduk hidup bersama di dalamnya. Dengan kebudayaan dan suku yang berbeda.

tempat percutian menarik di sarawak
Foto : @norasmahnoa

Tempat ini dirasa sangat tepat untuk mengenal budaya di Sarawak. Beragam keterangan bisa didapat didalamnya. Mulai dari cara hidup, replika rumah masing-masing etnis utama hingga kerajinan tangan yang dibuat.

Misalnya saja: rumah panjang orang Iban, rumah tinggi Melanau dan juga rumah ladang orang Cina.

Penduduk tempat tersebut juga menampilkan tarian tradisional dari masing-masing etnis. Jadi, para pelancong bisa merasakan budaya yang ada di masing-masing etnis.

Di tempat ini juga melangsungkan pernikahan etnis. Seperti: pernikahan dengan cara Bidayuh, Iban, Orang Ulu maupun Melayu.

Anda akan dikenakan tarif RM 75 untuk dewasa dan RM 40 untuk anak-anak. Jam tayang nya, yakni pukul 11.30 siang dan 04:00 sore.

2. Museum Sarawak

Museum Sarawak merupakan salah satu tempat edukasi. Di dalamnya terdapat barang penting dan juga bersejarah tentang negeri Sarawak dan Borneo. Misalnya koleksi sejarah alam Sarawak, artefak arkeologi Sarawak dan Borneo dan lainnya.

tempat pelancong menarik di sarawak
Foto : @kemasess_g

Museum ini memiliki dua bagian. Bagian lama di isi dengan informasi mengenai etnik Sarawak. Dan informasi mengenai Industri minyak mentah yang ada di Sarawak.

Sedangkan bagian baru digunakan untuk majlis serta pameran resmi. Bagian bawahnya dijadikan taman botani dan monumen pahlawan.

Sudah sepantasnya bila museum tersebut tercatat sebagai kolektor benda bersejarah terbaik di Asia Tenggara.

Museum ini bisa dikunjungi oleh siapa saja secara gratis. Dan dibuka setiap hari, yakni senin-jum’at (09:00 pagi-04:45 sore) dan Sabtu-Ahad (10:00 pagi-04:00 sore).

3. Sarakraf Pavilion

Tempat ini berbentuk seperti bangunan masa jajajahan China. Bangunan rumah merupakan rumah seni dan juga kerajinan tangan dari nenek moyang Sarawak

tempat menarik di sarawak untuk makan
Foto : @absolute.bellasgarden

Di dalam rumah tersebut ada 10 jenis kerajinan tangan asli Sarawak. Dan juga tarian tradisional yang dipersembahkan didalamnya.

Didalamnya juga dibuka beberapa kelas. Ada kelas kerajinan tangan dan juga kelas tarian tradisional.

Baca Juga >> Tempat menarik di Singapore Terbaru

4. Tasik Biru

Dahulunya tempat ini merupakan tambang emas perusahaan Borneo di tahun 1898. Kemudian dihentikan di tahun 1921 karena banjir. Dan di mulai di tahun 1980 hingga tahun 2000.

tempat menarik di sarawak
Foto : @sayaidaydotcom

Dan resmi dibuka sebagai wisata pada tahun 2001. Tasik Biru merupakan nama yang menggambarkan ketenangan dan kedamaian.

Nama tersebut diciptakan untuk mencerminkan tempat yang cerah dan juga tenang. Cerah kerana pantulan langit yang dibiaskan ke laut. Dan tenang kerana air nya yang mengalir dengan tenang.

Pengunjung tidak diperbolehkan memancing ataupun minum air darisana. Mengingat asal usul dari tempat tersebut merupakan tambang emas. Namun, masih diperbolehkan melakukan permainan air.

Selain memiliki panorama yang cocok dijadikan spot berfoto. Tempat juga direkomendasikan sebagai tempat percutian menarik di Sarawak.

5. Kuching Wetland National Park

Merupakan mangrovenya Sarawak. Taman yang terdiri dari laut, pantai dan juga air tawar dekat dengan Muara Sungai Salah dan Laut Sibu.

tempat menarik di sarawak untuk dilewati
Foto : @azieyannymajlan

Di tempat ini hidup pelbagai binatang liar. Ada helang laut, buaya, monyet hidung besar, burung hutan, biawak monitor dan lain-lain.
Untuk bisa sampai di kawasan berpayau bakau ini perlu menaiki boat.

6. Museum Textile

Museum ini dulunya pusat pengobatan yang dibangun pada tahun 1907. Kemudian menjadi kantor pusat pendidikan Negara. Dan dibuka kembali pada Agustus tahun 2000.

tempat percutian menarik di sarawak
Foto : @aul_ramadhan

Saat ini bangunan tiga lantai itu dijadikan sebagai museum tekstil. Didalamnya menyimpan serta memamerkan busana tekstil asli etnik masyarakat Sarawak. Meliputi kostum tradisional beserta aksesorisnya.

Pameran yang digelar di museum ini berkonsep kan touch on. Yang mana pengunjung akan melihat secara langsung proses tekstil hingga menjadi sehelai kain.

Adapun hasil yang dipamerkan salah satunya: Pua Kumbu masyarakat Iban, Kain Songket Melayu Sarawak, dan masih banyak lainnya.

Konsep tersebut bertujuan agar para pengunjung bisa melihat proses bahan yang dpamerkan.

Bangunan bergaya Inggris ini dibuka setiap hari, yakni senin-jum’at (09:00 pagi-04:45 sore) dan Sabtu-Ahad (10:00 pagi-04:00 sore).

7. Pantai Damai

Sesuai namanya pantai ini sangat damai. Meski ombak berderu dengan keras, namun hati dan raut wajah para pengunjung nampak damai dan tenang.

tempat pelancong menarik di sarawak
Foto : @jenniferjawa

Pantai Damai ini memiliki view yang luar biasa indahnya, antara laut dan gunung.

Ditambah adanya hutan tropis yang mengelilingi Gunung Santubong. Menambah kesempurnaan lukisan Sang Kuasa.

Perlu diketahui bahwa pantai ini menghadap Laut Cina Selatan secara langsung. Oleh karenanya, tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat pelancong menarik di Sarawak.

Di tempat ini juga disediakan tempat resort. Jadi, tak perlu khawatir jika kurang puas memandang pantai ini, bisa bermalam di resort tersebut.

Baca Juga >> Tempat Menarik di Jepun Terbaru

8. Tugu Kuching

Sebenarnya ini adalah sebuah tugu. Namun memiliki keunikan tersendiri dari tugu tersebut. Para pengunjung pasti menyempatkan berfoto di tugu ini. Karena Tugu Kuching menggambarkan simbol atau ikon dari Sarawak.

tempat menarik di sarawak untuk makan
Foto : @hafiz_rini

Selain itu tempat tugu ini juga strategis. Tugu ini berada di depan pusat pembelanjaan oleh-oleh. Dan hotel-hotel yang ada di Kuching.

Konon diberi nama kucing karena banyak kucing hutan di sekitar sungai. Oleh sebab itu diberilah nama Kuching sebagai ibu kota Sarawak. Dan dibangunlah juga Tugu Kuching.

9. Taman Negara Bako

Meskipun taman ini merupakan terkecil di Sarawak. Namun, hiduplah pelbagai hewan liar didalamnya. Salah satunya tupai dan monyet belanda yang memiliki hidung besar (proboscis).

tempat menarik di sarawak
Foto : @myra_myranuur

Perlu diketahui bahwa Taman Negara Bako merupakan tertua di Sarawak. Kurang lebih ada sekitar 316 jenis tumbuhan, tujuh jenis hutan tropika.

Untuk fauna nya, kurang lebih ada 22 jenis burung, 24 jenis hewan reptil dan berdarah dingin dan 57 jenis mamalia. Olehkarenanya, Taman ini dilindungi sejak 1957.

Taman ini memiliki pemandangan hutan yang begitu mempesona. Ditambah tunggul laut yang menyerupai kepala ular menambah ketakjuban tersendiri bagi para pelancong.

10. Taman Negara Gunung Gading

Merupakan tempat bunga Rafflesia berada. Seperti diketahui bahwa bunga tersebut merupakan bunga terbesar di dunia.
Oleh karena itu, taman ini sempat ditutup. Dikhawatirkan berdampak buruk pada bunga tersebut.

tempat menarik di sarawak untuk dilewati
Foto : @mohdfitrikamal_official

Namun, Jabatan Taman Negara membukanya pada tahun 1994. Dengan alasan, agar para pengunjung bisa melihat bunga tersebut lebih dekat.

Sekedar informasi bahwa bunga ini mampu membesar hingga diameter 1 meter. Dan musim yang paling bagus ketika mengembang adalah musim hujan.

Bunga ini juga akan mengeluarkan bau tak sedap jika mengembang. Guna menarik serangga untuk menghampiranya. Sehingga bunga ini dikategorikan sebagai karnivora.

Pengunjung bisa juga melakukan jungle trekking untuk sampai ke tempat ini. Karena kawasan ini merupakan kawasan hutan bergunung.

Baca Juga >> Tempat Menarik di Perth Terbaru

11. My Village Barok

Salah satu resto bernuansa rumah kampung di Boyan, Sarawak. Resto ini merupakan salah satu tempat menarik di Sarawak untuk makan.

tempat percutian menarik di sarawak
Foto : @fazyd

Menu utama di resto tersebut adalah penyetan bakar. Ada juga menu selain bakar. Menu itu seperti: ikan pari asam pedas, fish fillet sweet and sour, sotong tumis, kari daging dan masih banyak lainnya.

Resto ini bisa dijadikan referensi bagi Anda penyuka pedas. Jika Anda pesan penyetan tak lengkap bila tak pakai sambal. Jika Anda melawat ke Boyan, tak lengkap pula bila tak mampir ke resto ini.

Untuk harga tidak usah gusar. Harga di resto cukup terjamin. Ditambah lagi suasananya yang menyejukkan. Semakin menambah selera makan Anda.

12. Kuching Waterfront

Merupakan salah satu tempat menarik di Sarawak untuk dilewati. Anda bisa melihat bot-bot kecil di sungai Sarawak. Tidak hanya itu, pelawat juga bisa menaiki bot untuk menikmati keindahan sungai Sarawak.

tempat pelancong menarik di sarawak
Foto : @izzshariff

Banyak kios-kios kerajinan tangan di tempat tersebut. Ada hiasan rumah, tembikar, dan lainnya. Anda bisa melihat pelbagai kerajinan tangan untuk dijadikan buah tangan.

13. Menara Civic Centre

Melalui bangunan ini pelancong bisa melihat 360 derajat panorama Kuching dan sekitarnya. Anda bisa melihat Gunung Serapi, Santubung, dan lain sebagainya.

tempat menarik di sarawak untuk makan
Foto : en.wikipedia.org

Bangunan ini dibuka pada tahun 1988. Dengan desain bangunannya unik serta bergaya modern. Menjadikan ciri khas tersendiri dari bangunan tersebut.

Ditunjang pula adanya Planetarium Sultan Iskandar didalamnya. Dan menjadikan planetarium pertama di Malaysia sejak tahun 1989.

Untuk harga tiket masuk: RM 2/orang. Sudah bisa menyaksikan sepuasnya.

14. Wind Cave

Gua Angin dinobatkan sebagai cagar alam. Ia tidak hanya melindungi dirinya dan penghuni di dalamnya. Melainkan melestarikan spesies langka di sekitarnya.

tempat menarik di sarawak
Foto : @leeabbamonte

Pelancong bisa melihat beberapa flora dan fauna sepanjang perjalanan. Pelancong juga akan melihat sarang burung walet hitam di dalamnya.

Dinamakan Gua Angin, konon angin dingin sering bertiup melalui gua tersebut. Gua angin juga merupakan rangkaian tiga terowongan gua yang sangat gelap. Dan dipenuhi pula dengan kelelawar pemakan serangga.

Oleh karena itu, pelancong disarankan untuk membawa obor atau senter. Dan juga memakai topi serta sepatu anti licin.

Setelah pendakian berahir. Pelancong bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Ketika musim hujan, gua ini akan ditutup. Demi menjaga keselamatan para pelancong.

15. Fairy Cave

Gua ini juga dikenal dengan Gua Pari. Jaraknya pun tak jauh dari Gua Angin. Anda akan melewati tangga beton menuju pintu masuk gua. Kemudian pelancong akan melewati lorong yang sempit dan gelap.

tempat menarik di sarawak untuk dilewati
Foto : @duck.wizard

Meskipun begiu, Anda tidak seberapa memerlukan cahaya didalamnya. Karena masih ada pantulan cahaya dari lubang besar dalam gua tersebut.

Di dalam gua tersebut, Anda akan melihat stalagmit yang terlihat mirip patung Guan Yin. Dan ada jejak kaki seperti jejak kaki raksasa Yeti ataupun makhluk besar lainnya.

Sesampai di atas gua, Anda tidak hanya bisa menghirup udara segar. Melainkan bisa menyaksikan pemandangan dari ladang dan bukit hutan sekitarnya. Tempat ini merupakan tempat menarik di Sarawak bagi para pendaki.

Baca Juga >> Tempat Menarik di Kundasang Terbaru

Maps Tempat Menarik Di Sarawak

Untuk anda yang masih bingung dengan lokasi-lokasi tersebut, anda dapat melihatnya di maps berikut :

Banyak sekali tempat menarik di Sarawak. Baik yang memberikan ketenangan, ataupun memberikan edukasi sejarah buat para pelawat. Semoga ringkasan destinasi diatas bisa membantu Anda dalam menikmati liburan bersama keluarga tercinta.