tempat wisata wisata anak yang menarik bandung

Tempat Wisata Anak di Bandung Yang Menarik ( Museum Geologi Bandung )

Posted on
Spread the love

Tempat wisata anak di Bandung – Bandung, siap yang tidak mengenal Paris Van Java-nya Indonesia ini ? Ya, Kota kembang ini memang terkenal dengan sejumlah wisata menariknya. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja bahkan wisata edukasi dan budaya. Bandung mejadi kota paling sibuk ika memasuki masa liburan atau akhir pekan, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung dari wilayah sekitarnya utamanya wisatawan Jakarta.

Tempat Wisata Anak di Bandung Yang Menarik

( Museum Geologi Bandung )

tempat wisata anak di bandung

Bagi anda yang memiliki yang menginginkan liburan berkesan bersama keluarga besar, ada baiknya jika Anda mengunjungi salah satu tempat wisata anak di Bandung yang sudah terkenal ini. Jelek ? Tidak mungkin, justru Anda akan dipuaskan dengan keelokan kota satu ini. Museum Geologi Bandung merupakan satu dari sekian banyak objek wisata di Bandung, yang patut anda kunjungi bersama keluarga terutama anak-anak ika berkunjung ke sana. Museum ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota kembang.

Dikelola dan diawasi langsung oleh pemerintah, museum Geologi Bandung telah berdiri tanggal 16 Mei 1928. Dimana dalam perjalanan renovasi dan pembugarannya mendapat bantuan dana dari Pemerintah Jepang. Sempat hiatus selama bertahun-tahun, Museum Geologi Bandung kembali dibuka oleh mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.

Menjadi Tempat Wisata Anak di Bandung

Karena banyak sekali informasi pengetahuan yang bisa didapat dari museum, wajar saja hingga saat ini Museum Geologi Bandung sering mendapat kunjungan wisatawan baik manca negara maupun dalam negeri. Tidak hanya itu, bahkan objek wisata edukasi yang satu ini sering kali menjadi tujuan wisata edukasi bagi para pelajar, hampir dari seluruh pelosok tanah air.

Study Tour anak-anak sekolah ke museum Geologi Bandung sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan. Dimana dengan mengunjungi museum tersebut, anak-anak bisa belajar nilai-nilai sejarah dari artefak-artefak yang ada di museum itu. Koleksi artefak yang tersimpan rapi dalam museum Geologi adalah, bebatuan, fosil, dan mineral.

Sejarah Museum Geologi bandung

tempat wisata anak bandung

Sempat dijajah kurang lebih selama 3,5 abad lamanya oleh Belanda. Indonesia hingga saat ini memang masih sangat identik dengan negara penjajahnya itu. Museum Geologi Bandung sangat erat kaitannya dengan masa penjajahan Belanda dan juga pengaruh dari dunia. Dimana pada masa itu banyak sekali ahli geologi eropa tengah melakukan kegiatan intensif berupa penyelidikan geologi serta tambang di Indonesia sejak pertengahan abad ke-17.

Dimana kala itu sebagian besar negara di belahan bumi Eropa tengah mengalami revolusi industri tepatnya pada pertengahan abad ke-18. Benua biru tersebut sangat membutuhkan bahan baku industri mereka berupa bahan tambang yang digali dari tanah Nusantara kita ini.

Kekayaan alam Indonesia utamanya tambang, membuat pemerintah Hindia Belanda menjadi serakah untuk menguasai bahan galian di tanah Air kita. Dengan keberhasilannya mengeruk tambang NKRI, Belanda berharap bisa diakui keberadaannya dan mendapatkan dukungan.

Pada tahun 1850 tepatnya, terbentuklah sebuah lembaga bernama Dienst van het Mijnwezen yang kemudian berubah menjadi Dienst van den Mijnbouw pada tahun 1922. Lembaga ini memiliki tugas melakukan sejumlah penyelidikan geologi dan sumberdaya mineral di seluruh wilayah Nusantara.

Sebagai Negri jajahan yang tidak hanya satu kali dijajah, tentu saja tempuh kekuasaan RI silih berganti, museum Geologi Bandung pun juga mengalami serangkaian pengalihan fungsi dan kepemilikan. Ketika Jepang kalah pada perang dunia ke-2, Dienst van den Mijnbouw akhirnya runtuh. Letjen. H. Ter Poorten (Panglima Tentara Sekutu di Hindia Belanda) yang mengatas namakan Pemerintah Kolonial Belanda menyerahkan seutuhnya wilayah teritorial RI kepada Letjen. H. Imamura (Panglima Tentara Jepang) tepatnya pada tahun 1942 di Kalijati, Subang.

Masuknya Jepang ke Indonesia, mengubah nama Gedung Geologisch KOGYO ZIMUSHO dan berpindah kepengurusannya yang pada akhirnya berganti nama CHISHITSU CHOSACHO setahun kemudian.

Museum Geologi Sebagai Aset Bangsa

wisata anak di bandung

Museum Geologi Bandung, merupakan aset bangsa yang sangat berharga dan memiliki fungsi serta manfaatnya bagi kesejahteraan bangsa indonesia. Oleh karena itu Belanda kembali melakukan perebutan paksa museum geologi pada tahun 1945 dimana saat Itu Indonesia telah merdeka. Belanda yang diboncengi tentara sekutu NICA, bersikeras merebut Museum geologi namun karena Indonesia tidak ingin kehilangan aset berharga mereka, semua dokumen hasil penelitian geologi yang penting yang ada di museum geologi beberapa kali pindah tempat seperti ke Jalan Braga no 3 & no 8 kota Bandung bahkan sampai keluar wilayah bandung seperti Tasikmalaya, Solo, Magelang, Yogyakarta dan tepatnya pada tahun 1950 kembali diletakkan di kota Bandung lagi.

Akses menuju Museum Geologi Bandung

Setelah mengalami pemugaran, pada tahun 2000 presiden Megawati kembali membuka museum untuk umu. Museum Geologi Bandung telah berbenah dan menjadi lebih. Terdapat 3 ruangan utama pada Museum Geologi bandung yang terdiri dari ruangan Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia, serta Geologi dan Kehidupan Manusia. Untuk ruangan koleksi dokumentasi, memiliki ragam koleksi yang lebih memadai untuk mempermudah akses para ilmuwan untuk meneliti dan melihat koleksi museum tersebut.

Terletak di Jalan Diponegoro Nomor 57 kota Bandung, Museum geologi Bandung cukup dekat dengan objek wisata lainnya seperti gedung sate. Untuk menuju museum, anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali angkutan umum untuk menuju kawasan tersebut. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah, anda hanya tinggal menyalakan GPS saja. Namun jika anda memutuskan menggunakan angkutan umum, anda bisa mencari angkot dengan No.10 berwarna kuning-hijau rute Stasiun Hall-Sedag Serang. Mintalah pada supir angkot untuk menurunkan anda tepat di pertigaan Masjid besar Pusdai. Setelah turun, kemudian carilah lagi angkot No. 05 yang berwarna hijau – hitam dengan dengan rute Cicaheum – Ledeng, setelah itu anda akan melewati Museum Geologi Bandung.

Tiket Masuk Museum Geologi Bandung

tempat wisata anak di bandung yang menarik

Tidak mahal namun memiliki manfaat besar, Museum Geologi Bandung hanya memasang tarif masuk sebesar Rp. 2.000 / pelajar, Rp.3.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.10.000 wisatawan asing. Anda hanya ankan bisa mengunjungi museum pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB setiap hari senin hingga Kamis. Namun pada hari sabtu dan minggu museum buka pada pukul 09.00 WIB dan akan tutup lebih cepat pada pukul 13.30 WIB.

Jagan mengunjungi tempat wisata yang satu ini pada hari Jum’at, karena Museum Geologi Bandung ditutup setiap hari jum’at. Tidak perlu mahal untuk refreshing yang ditambah bisa mendapatkan banyak pengetahuan, Museum Geologi Bandung adalah tempat wisata edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak utamanya yang masih belajar. Oleh karena itu tempat ini merupakan objek wisata paling recommended bagi anak-anak dan keluarga, karena mereka bisa bermain sambil belajar.

Well, tunggu apa lagi ? Dapatkan banyak ilmu dan pengetahuan dengan berlibur ke Museum Geologi Bandung. Dijamin pulang dari museum tak hanya pikiran anda yang kembali refresh, namun pengetahuan anda juga akan bertambah. Itu tadi salah satu tempat wisata anak di Bandung yang wajib Anda kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *