tempat wisata di boyolali

Tempat Wisata di Boyolali Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Posted on
Spread the love

Tempat Wisata di Boyolali – Kabupaten Boyolali berada di propinsi Jawa Tengah. Mungkin kota yang satu ini belum terlalu terkenal dari segi pariwisatanya, namun siapa yang menyangka jika sebenarnya Boyolali adalah salah satu surganya wisata di Jawa Tegah.

Objek wisata yang belum terekspos, membuat pariwisata di Boyolali kurang di kenal luas. Oleh sebab itu sangat wajar jika mayoritas pengunjungnya hanyalah wisatawan lokasi saja. Padahal sebenarnya banyak sekali tempat wisata di Boyolali yang sangat menarik dan tidak kalah dari objek wisata di kota-kota ternama di Jawa Tengah. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata Boyolali yang perlu Anda ketahui.

1. Wisata Tlatar

wisata tlatar, wisata di boyolali

Wisata ini terletak di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Area wisata ini memiliki 2 buah pemandian dengan kondisi air yang sangat jernih. Dua pemandian tersebut memiliki nama Umbul Pengilon dan Umbul Asem.

Ketika menjelang bulan suci Ramadhan, masyarakat sekitar umbul akan melakukan sebuah tradisi unik bernama “Padusan”. Dimana dalam acara tersebut, masyarakat akan berbondong-bondong untuk mandi bersama di dalam umbul degan tujuan membersihkan diri dan jiwa sebelum melaksanakan puasa.

Selain pemandian lokasi ini juga menyediakan area memancing ikan, dan juga rumah makan dengan menu ikan yang sangat menggugah selera. Masyarakat sekitar Boyolali sangat suka mengunjungi tempat ini bersama keluarga untuk berpiknik.

2. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

merapi dan merbabu , tempat wisata di boyolali

Merupakan tempat wisata alam Boyolali paling populer di Jawa Tengah. Dari Boyolali, dua gunung ini sangat jelas terlihat dengan letak berdampingan. Diantara dua gunung tersebut terdapat sebuah kecamatan terapit bersama Kecamatan Selo yang masuk dalam kawasan Boyolali.

Untuk pecinta alam yang sangat suka kegiatan mendaki, area ini sangat cocok untuk di coba. Terdapat pos pendakian menuju puncak merapi dan merbabu , namun yang paling ramai dikunjungi adalah pos merapi karena letaknya yang cukup dekat dan hanya membutuhkan 4 jam perjalanan dari Kecamatan selo. Sedangkan untuk Merbabu membutuhkan waktu sekitar 8 jam lamanya.

Pemandangan indah gunung Merbabu dan Gunung Merapi memang terlihat sangat jelas dari Boyolali. Namun pemandangan tersebut sebenarnya tidak menunjukkan sisi lain Merapi dan Merbabu yang terkenal dengan track berbahayanya. Gunung merapi memang memiliki pemandangan indah, namun hamparan lahar dingin hasil letusan sangat berbahaya bagi para pendaki. Oleh sebab itu para pendaki diwajibkan untuk waspada dan hati- hati ketika mendaki Merapi, begitu pula dengan mendaki Merbabu yang tidak kalah menantang.

3. Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang

Wisata Air Terjun masih sangat mendominasi wisata alam di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Boyolali yang juga memiliki sejumlah air terjun dan air terjun Kedung Kayang adalah diantaranya. Air terjun ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dari air terjun ternama di Indonesia, dengan aliran air yang sangat deras dan juga jernih.

Air terjun Kedung Kayang terletak diantara Gunung yaitu Merbabu dan Merapi, dimana sebenarnya letak air terjun ini masih menjadi perdebatan antara Boyolali dan Magelang. Namun meski demikian tidak bisa dipungkiri jika air terjun ini snagat indah dan terlihat masih alami karena belum banyak wisatawan yang menjamahnya.

4. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

agrowisata sapi perah cepogo, tempat wisata di boyolali

Ingin berwisata sambil belajar memerah susu, nada bisa menemukannya di Boyolali. Telah menjadi keunggulan Boyolali sebagai salah satu penghasil susu perah ternama di Indonesia, kini Boyolali telah mengembangkan objek perah susu sapi sebagai wana wisata edukasi yang sangat menarik.

Agro wisata Sapi Perah Cepogo, merupakan tempat wisata di boyolali yang sangat terkenal. Di tempat ini pengunjung bisa belajar cara membudidayakan sapi perah mulai dari memberi pakan, memerah susu dan juga managemen kandang.

Selain belajar anda juga bisa langsung mempraktekkan ilmu memerah sapi yang telah kamu pelajari,. Akan ada pendampingan dari pengelola wisata untuk membantu anda memahami cara memerah susu yang tepat. Setelah lelah memerah susu, anda juga bisa mencoba susu yang telah anda perah tersebut. Susu segar dan murni tanpa pengolahan dan tambahan bahan kimia atau yang lainnya.

5. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga

makam ki ageng kebo kenongo

Apakah anda tahu siapa Ki Ageng Kebo Kenongo itu ? Kebo Kenongo merupakan cucu dari Prabu Brawijaya V yang sejatiya merupakan raja terakhir dari kerajaan Majapahit. Kebo Kenongo menetap di kawasan Pengging Boyolali, oleh karena itu ia dijuluki sebagai Ki Ageng Pengging.

Ki Ageng Pengging memiliki keturunan seorang putra tampan bernama Joko Tingkir yang dimana pada akhirnya menjadi Sultan di Kerajaan Pajang bergelar Sultan Hadiwijoyo. Makam Ki Ageng Kenongo sangat dekat dengan area pemandian Pemandian Pengging. Dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan untuk sekedar ingin tahu bahkan untuk berdoa dan ngalap berkah.

6. Bendungan Sidorejo

bendungan sidorejo boyolali

Tempat wisata di Boyolali yang perlu anda simak selanjutnya adalah Bendungan Sidorejo. Bendungan ini terletak di Desa Ngleses, Sidorejo, Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Selain dijadikan objek wisata Bendungan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana irigasi untuk mengairi lahan-lahan persawahan masyarakat setempat. Lokasi bendungan ini cukup tertutup dan juga dari kota besar, sehingga masih sepi peminat.

Namun meskipun sepi peminat keindahan tak terelakkan dari bendungan ini. Mungkin karena belum banyak di jamah, bendungan masih terlihat bersih dan teratur dengan tumbuhan-tumbuhan hijau yang mengelilinginya.

7. Pemandian Umbul Pengging

pemandian umbul pengging boyolali

Terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali membuat wisata umbul yang satu ini bernama Umbul Pengging. Umbul ini memiliki keunikan tersendiri dengan gaya arsitektur yang masih sangat kuno.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat umbul ini merupakan area peristirahatan Raja Kasunanan Surakarta. Bahkan umbul tersebut juga digunakan sebagai area pemandian keluarga kerajaan Surakarta pada jaman dahulu. Menilik dari sejarahnya, jika anda mandi di umbul tersebut berarti anda telah mandi di area pemandian keturunan raja, menjadi kebanggaan tersendiri bukan ?

8. Waduk Cengklik

waduk jengklik, wisata alam boyolali

Waduk Cengklik yang terdapat di Dukuh Cengklik, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi wisata bagi para penggila memancing. Ya, wisata yang satu ini memang terkenal dengan kehidupan airnya yang cukup banyak dan menjadi spot wisata mancing paling dibanggakan di Boyolali.

Selain aktivitas memancing anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang mengelilingi waduk. Bahkan jika anda sedang kelaparan anda bisa membeli makan di area waduk dengan menu khas Boyolali yang terbuat dari ikan air tawar hasil tangkapan waduk yang diolah dengan sangat lezat.

Nah itulah beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Boyolali, semoga Anda para wisatawan akan lebih mengenal wisata Boyolali. Mengekspos sesuatu yang baru tentunya sangat menarik, begitu pula dengan mengekspos keindahan wisata Boyolali yang juga belum pernah Anda coba, pasti juga akan sangat menarik bukan? Well, selamat berlibur dan nikmati keindahan yang menakjubkan dibeberapa tempat wisata di Boyolali di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *