tempat wisata di garut

Tempat Wisata Di Garut Yang Begitu Mempesona

Posted on
Spread the love

Tempat Wisata di Garut – Indonesia adalah negeri dengan berjuta pesona wisata, apalagi wisata alam. Dengan primadona keindahan alam dan masyarakat yang ramah. Oleh karena itu, Indonesia menjadi negara yang menjadi tujuan para wisatawan dari seluruh dunia. Salah satu daerah di Indonesia yang mempesona wisatanya adalah Garut, Jawa Barat. Mungkin saat ini Garut memang terkenal dengan jajanannya dodol dan hewan khas Garut  yaitu domba garut.

Selain itu, Garut memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Masyarakatnya pun sangat ramah kepada para turis.Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Garut yang bisa Anda kunjungi.

1. Gunung Papandayan

gunung papandayan, tempat wisata di garut

Adalah tempat wisata yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya di Garut. Lokasi tempat ini adalah di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut. Letaknyapun tidak jauh dari pusat Kota Garut. Jika Anda berangkat dari Terminal Guntur Anda dapat menuju alun-alun Cisurupan dengan menggunakan angkutan kota. Waktu yang ditempuhpun tidak terlalu lama hanya kurang dari satu jam. Tempat indah ini cocok untuk Anda yang hobi mendaki ataupun masih pemula dalam mendaki.Anda tidak usah khawatir mengenai jalur yang Anda lalui. Karena  jalur pendakian di Gunung Papandayansangat landai.

2. Gunung Cikuray

pendakian gunung cikuray, tempat wisata garut

Merupakan Gunung tertinggi yang ada di Kabupaten Garut, dengan ketinggian mencapai 2821 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki julukan “negeri di atas awan”, karena ketika pagi hari awam tebal mengelilingi puncak gunung. Untuk dapat mencapai lokasi ini, Anda bisa melalui Kecamatan Cilawu, Cigedung, Cikajang, atau Banjarwangi. Untuk jalur pendakian ada 3 jalur pendakian utama yaitu jalur pendakian via Pemancar Cilawu, via Bayongbong, dan via Cikajang. Dan untuk jalur pendakiannya lebih terjal daripada jalur pendakian Gunung Papandayan. Jarak tempuh mendaki relatif singkat yaitu sekitar 4-6 jam.

3. Situ Bagendit

situ bagendit, objek wisata di garut

Situ Bagedit merupakan objek wisata alam berupa danau, yang terletak di Desa Bagendit,  KecamatanBanyuresmi, Garut. Di sana Anda dapat menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan perahu, dan bersepeda air. Selain itu, Anda juga bisa berlibur ke sini dengan keluarga karena suasananya nyaman dan sejuk. Jarak Situ Bagendit dari pusat Kota Garut tidak terlalu jauh hanya sekitar 13 km. Waktu tempuhnya juga tidak terlalu lama hanya sekitar 30 menitan. Dengan fasilitas yang memadai dan wahana permainan air yang cukup lengkap menjadikan Situ Bagendit patut dikunjungi.

4. Gunung Guntur

gunung guntur, wisata garut

Merupakan gunung berapi yang terletak di Sirnajaya, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2249 meter di atas permukaan laut. Termasuk dalam tempat wisata paling gersang yang ada di Garut. Para pendaki yang mendaki gunung ini jarang yang mendaki pada  siang hari karena panas. Apalagi di gunung ini tak ada tumbuhan yang tumbuh. Di kaki Gunung Guntur ada curug yang dinamai Curug Titis. Biasanya para pendaki beristirahat di curug ini sebelum melanjutkan perjalanan. Jika Anda telah sampai di puncak gunung Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah luar biasa. Anda akan merasakan keindahan dunia di atas awan. Selain itu, dari puncak gunung terlihat jelas berbagai keindahan alam yang lain seperti Situ Bagendit, dll.

5. Candi Cangkuang

candi cangkuang, wisata alam di garut

Lokasi Candi Cangkuang ada di Desa Camgkuang, Kecamatan Leles, Kabupetan Garut.Candi ini merupakan candi peninggalan kerajaan Hindu. Selain candi, di sini juga ada danau kecil yang bernama sama yaitu Situ Cangkuang. Candi Cangkuang dan Situ Cangkuang masih terpelihara dengan baik hingga kini. Tempat ini sangat menarik dan indah dan sayang jika tidak dikunjungi. Nama Cangkuang  berasal dari desa tempat bangunan tersebut berdiri. Sedangkan nama Desa Cangkuang berasal dari pohon cangkuang yang tumbuh di sekitar makam Mbah Dalem Arif Muhammad.

6. Pemandian Air Panas Cipanas

pemandian air panas cipanas, wisata alam garut

Tempat wisata di Garut satu ini tidak jauh dari alun-alun Tarogong, sehingga lebih mudah dijangkau. Jika Anda akan ke sana Anda bisa menggunakan angkutan kota dengan tarif 3000 rupiah. Pemandian ini tidak jauh dari Gunung Guntur, karena memang sumber air pemandian diambil dari mata air panas di Gunung Guntur. Jika Anda berendam di sini pasti lelah Anda akan hilang dan digantikan dengan kesegaran tubuh. Jadi  Anda tidak boleh melewatkan untuk berkunjung ke sini. Di Cipanas juga banyak tersedia hotel-hotel bagi Anda yang akan menginap. Fasilitas pemandian ini cukup lengkap, karena sudah ada waterboom dan sejenisnya. Tempat ini sangat cock untuk Anda yang ingin liburan rileks bersama keluarga, rombongan perusahaan maupun sekolah.

7. Pemandian Air Panas Darajat

pemandian air panas darajat pass garut

Selain di Cipanas, Garut juga memiliki pemandian air panas lain yaitu Pemandian Air Panas Darajat. Lokasi tempat ini adalah Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Bagi Anda yang tempat tinggalnya jauh dan sedang berlibur ke sini jangan khawatir, karena ada penginapan mudah dan murah di sini. Selain pemandian, di Darajat terdapat wahana flying fox yang dikenakan tarif 10.000 rupiah. Dengan pemandangan alam yang indah  membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang menarik di Garut.

8. Kawah Putih Talaga Bodas

kawah putih telaga bodas, tempat wisata alam di garut

Merupakan danau putih, dengan keindahan alam yang memikat. Di sana menawarkan pemandangan alam pegunungan, udara sejuk dan segar, serta perbukitan yang hijau. Di sekitar talaga ini terdapat bek rendam air panas, jadi Anda bisa berendam sambil bersantai menikmati pemandangan. Air panas yang adapun memiliki khasiat menyembuhkan penyakit seperti rematik dan melancarkan peredaran darah. Hal ini disebabkan oleh kandungan belerang yang tinggi dalam air panas. Dengan semua pesona itu, talagabodas layak untuk dikunjungi, dan sayang jika dilewatkan.

9. Arung Jeram Sungai Cimanuk

arung jeram sungai cimanuk, wisata di garut

Jika Anda tipe orang yang sangat menyukai tantangan yang memacu adrenalin, coba berkunjung ke Sungai Cimanuk. Karena di sungai ini terdapat fasilitas berupa olahraga air seperti arung jeram atau bisa disebut rafting. Jeram dan aliran sungai yang deras akan membuat adrenalin Anda makin terpacu. Selain itu, pemandangan di sepanjangjalur sungai sangat indah. Jadi ketika Anda asyik berarung jeram ada tambahan pemandangan yang indah.

10. Tebing Alam Batu Tumpang

tebing alam batu tumpang, tempat wisata di garut

Tempat wisata di Garut yang terakhir yaitu Tebing alam batu tumpang yang berada di wilayah Kecamatan Cikajang, dengan waktu tempuh 1 jam dati pusat Kota Garut. Tebing ini berada di wilayah perkebunan dengan udara yang sejuk. Jika dilihat dari ketinggian, pemandangan di Batu Tumpang serupa dengan Puncak Bogor. Di sekitar wisata terdapat warung-warung kecil yang menjajakan berbagai macam makanan. Batu ini dinamakan batu tumpang karena ada batu yang menumpang di atasnya. Bagi Anda yang suka panjat tebing dan suka menaklukkan tebing-tebing curam, Anda dapat singgah di sini. Selain itu, pemandangan di sini juga sangat indah jadi ketika panjat tebing Anda bisa menikmati pemandangan yang indah.

Itulah beberapa tempat wisata di Garut yang menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *