wisata di klaten

Segarnya Umbul Manten Yang Merupakan Tempat Wisata di Klaten Terbaru

Posted on
Spread the love

Pilihan Tempat Wisata di Klaten Terbaik – Klaten, salah satu Kabupaten di Provinsi jawa Tengah ini merupakan salah satu kota dengan banyak destinasi wisata utamanya wisata sejarah. Sebut saja, Candi Prambanan yang merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia. Dan telah dikenal oleh dunia sebagai aset sejarah Bangsa Indonesia. Namun, tidak hanya wisata sejarah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah juga memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik salah satunya adalah wisata alam. Umbul Manten atau biasa juga disebut sebagai Umbul Janti, merupakan salah satu objek wisata di Klaten yang patut anda kunjungi jika ke Klaten. Ya, wisata yang satu ini sangat cocok untuk tujuan liburan Anda bersama keluarga ataupun kekasih anda.

Kehadiran Umbul Manten saat ini telah melengkapi tempat wisata di Klaten. Oleh sebab itu pantas saja jika setiap tahunya jumlah wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Klaten terus meningkat tajam. Tidak hanya dari dalam wisatawan dari dalam Negeri saja namun juga wisatawan Manca Negara.

Umbul Ponggok Klaten Merupakan Hasil Proyek Sukses

tempat wisata klaten terbaru

Dahulunya Umbul di Klaten digunakan sebagai sumber pengairan pertanian oleh masyarakat setempat. Tidak hanya itu, masyarakat juga memanfaatkan umbul untuk menjalankan usaha  budidaya ikan air tawar sebelum akhirnya pemerintah Kabupaten Klaten mulai serius untuk menggarap project umbul secara Profesional. Dimana, proyek tersebut bertujuan untuk mengubah sejumlah umbul di Klaten menjadi objek wisata.

Salah satu proyek sukses umbul di Klaten adalah Umbul Ponggok Klaten, yang namanya sudah sangat familiar di telinga para wisatawan. Umbul Manten, meski belum sepopuler Umbul Ponggok, namun keindahannya tidak kalah dari Umbul Ponggok. Umbul Manten juga belum dikelola dengan serius seperti proyek umbul lainnya dan baru mencuat sebagai tempat wisata baru di Internet beberapa waktu belakangan ini.

Kejernihan airnya sebeningkaca, membuat banyak orang ingin tahu seberapa cantik tempat tersebut. Oleh karena itu tidak heran meski belum banyak direnovasi dan dipercantik oleh pemerintah, wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut semakin bertambah setiap waktu.

Sejarah Umbul Manten

wisata alam di klaten

Tempat wisata di klaten yaitu Umbul Manten mempunyai asal usul yang menarik. Namanya sangat unik bukan ? Umbul Manten , “manten” dalam bahasa jawa berarti “pengantin”. Ya, dulunya tempat ini digunakan untuk prosesi siraman sebelum acara pernikahan bagi para penganut adat Jawa.

Umbul Manten Konon dulunya berasal dari 2 buah sumber mata air. Dimana kedua sumber air tersebut dikenal dengan nama Umbul Peteng dan Umbul Pelem. Oleh masyarakat sekitar, dua umbul tersebut dulunya juga disebut sebagai Umbul Lanang yang berarti laki-laki dan Umbul Wadon yang berarti perempuan.

Ada banyak versi cerita mengenai kedua umbul itu, ada yang mengatakan bahwa Umbul Lanang adalah Umbul Pelem, ada juga yang mengatakan bahwa Umbul Lanang adalah Umbul Peteng. Juga ada versi lainnya yang menyatakan jika Umbul Lanang adalah Umbul Pelem sedangkan Umbul Wadon merupakan Umbul Peteng.

Dikatakan jika dahulunya Umbul Pelem ini berada tepat di tepi jalan, sedangkan Umbul Peteng sendiri berada lumayan jauh dari tepi jalan. Umbul Peteng terletak di sebelah selatan umbul Pelem, dan mengapa namanya Umbul Pelem ?. Karena konon umbul didekat umbul tersebut tumbuh pohon mangga yang dalam bahasa jawa berarti “Pelem”, dari situlah nama Umbul Pelem muncul.

Sejarah Lengkapnya Umbul Manten

umbul manten, tempat wisata di klaten

Untuk Umbul manten, diceritakan konon dulunya sepasang pengantin baru yang baru saja menikah diberi petuah oleh orang tuanya untuk tidak keluar rumah menjelang senja(magrib) tiba sebelum 40 hari menikah. Namun, pasangan tersebut justru melangkah petuah orang tua mereka, sebelum 40 hari lewat mereka keluar rumah ketika senja mulai datang.

Sang suami berjala mendahului sang istri, namun ketika ia menengok ke belakang untuk mencari keberadaan istrinya ia tak menemukannya. Kejanggalan tersebut juga dialami oleh sang istri, ia tak menemukan calon suaminya yang berjalan mendahuluinya. Lokasi tempat menghilangnya dua insan tersebutlah yang saat ini dinamakan sebagai umbul manten. Lokasi dimana dua calon pengantin saling kehilangan dan tidak pernah bertemu kembali.

Entah cerita tersebut nyata atau hanya mitos, namun yang jelas adalah Umbul Manten tetap mejadi objek wisata recommended untuk anda yang menyukai wisata alam degan suasana asri nan alami. Utamanya bagi anda warga Klaten, anda harus berkunjung ke tempat ini !. Ajak kelaurga dan teman anda, rasakan sendiri kesejukan air dan udara yang bersih di sana !.

Lokasi dan akses ke Umbul Manten

wisata klaten

Tempat wisata di klaten yang unik dan indah ini terletak tepat di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika anda tau letak Umbul Ponggok, maka untuk menemukan Umbul Manten tidak akan susah karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Posisi Umbul berada ditegah rerimbunan pohon besar, dimana pohon-pohon tersebut berada mengelilingi umbul dan pohon tersebut oleh masyarakat sekitar disebut sebagai pohon Ipik. Pohon tersebut memiliki struktur yang hampir mirip dengan pohon beringin, tinggi dan besar dengan daun rimbun.

Untuk menuju lokasi, dari tempat  parkir hingga ke lokasi umbul anda membutuhkan sedikit tracking selama beberapa menit saja. Oleh karena itu persiapkan alas kaki yang tepat untuk menuju lokasi karena jalanan bisa jadi licin apabila hujan mengguyur.

Untuk menuju ke Umbul Manten dari pusat kota Yogyakarta, kalian bisa mulai dari Jalan Pasar Kembang, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ambil jalur yang melintasi Jl. Langensari dan Jl. LaksdaAdisucipto kemudian lanjut pada jalur Jl. Raya Solo di Maguwoharjo. Apabila lalulintas lancar, adaakan melewati jalur sepanjang 8 km ini selama 20 menit.

Tiket Masuk Umbul Manten

tempat wisata di klaten

Tidak ada ruginya jika anda berkunjung ke tempat wisata di klaten yang satu ini. Pasalnya meski tidak terlalu besar airnya yang jernih dan bersih sangat nyaman dijadikan sebagai tempat berenang. Untuk masuk ke dalamnya pun, anda tidak akan dikenai  tarif mahal cukup dengan Rp.2000 saja. Anda bisa menikmati kesegaran serta keindahan Umbul Manten hingga puas. Namun anda jangan kaget ya, karena belum dikelola secara profesional. Umbul Manten belum memiliki fasilitas lengkap seperti objek wisata pada umumnya. Disana anda tidak akan menemukan toilet atau sejenisnya, sehingga jika anda ingin ke kamar mandi, anda bisa meminjam kamar mandi warga sekitar.

Ukurannya wisata Umbul Manten ini tidak terlalu besar, namun jangan salah, air yang ada di umbul tersebut sangatlah jernih sebening kaca. Umbul ini adalah sebuah kolam alami di Klaten yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. Tidak seperti Umbul Ponggok, bagian dasar Umbul Manten adalah berupa bebatuan. Oleh karena itu, kejernihan airnya bisa terjaga, hingga bagian dasar kolam terlihat sangat jelas. Nah, sebagai wisatawan cerdas, jika anda pergi ke tempat wisata pastikan anda tidak akan merusak lingkungan sekitar.

Begitupun jika anda pergi ke Umbul manten, jangan pernah membuang sampah secara sembarangan. Bahkan jika ditempat tersebut belum tersedia tempat sampah yang memadai. Sebaiknya simpan sampah anda terlebih dahulu, kemudian buang jika anda menemukan tempat sampah. Hanya ada tempat ganti baju, jadi Anda tidak bisa membilas tubuh anda sehabis berenang. Namun ada jangan sedih,mengingat air Umbul sangat jernih dan bersih jadi tidak dibilaspun tak masalah bukan? Nah, apabila Anda merasakan perut keroncongan bisa membeli makanan di warung-warung yang berdiri disekitar lokasi. Itu tadi salah satu tempat wisata di Klaten terbaik yang wajib dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *