tempat wisata di jepang

Tempat Wisata Favorit Di Jepang ( Ibukota Kuno Kyoto )

Posted on
Spread the love

Tempat Wisata Favorit Di Jepang – Siapa yang tidak mengenal Negeri dengan ciri khas bunga sakura ini. Ya, Jepang merupakan salah satu Negara maju di wilayah Asia yang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Tidak hanya terkenal dari segi teknologi Jepang juga sangat mashur sebagai Negara yang mempertahankan budaya serta memiliki destinasi wisata yang beragam. Salah satu tempat wisata favorit di Jepang adalah Kyoto. Yang merupakan bekas Ibukota Jepang di masa lampau, Di sana Anda akan banyak menemukan hal-hal unik dan menarik terkait sejarah 1200 tahun berdirinya Negara ninja tersebut.

Tempat Wisata Favorit Di Jepang ( Ibukota Kuno Kyoto )

Kyoto pada jaman dahulu merupakan ibukota Jepang selama kurang lebih 1000 tahun lamanya. Dimana di tempat tersebut seni, budaya, agama berbaur menjadi satu menjadi satu dan membentuk gudang pola pikir masyarakat jepang terbaik. Untuk menuju Kyoto anda bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam 40 menit apabila menggunakan Shinkansen super express dari Tokyo. Sedangkan jika anda berangkat dari Kansai International Airport (Bandar Udara Internasional Kansai) dekat Osaka Anda membutuhkan waktu sekitar 1, 5 jam perjalanan.

Sejarah Ibukota Kuno Kyoto

tempat wisata favorit di jepang

Jepang sebagai salah satu Negara Superior di Asia memiliki sejarah panjang yang tentu saja sangat melekat di benak masyarakatnya. Kyoto yang semula merupakan Ibu sekitar 1200 tahun silam merupakan kota yang terletak tepat di Pulau Honshu, Jepang.  Merupakan salah satu kota utama yang berada di kawasan metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto.

Sebagai kota bersejarah, awalnya merupakan kota yang dimulai sejak kepemimpinan Kaisar Kammu yang merupakan kaisar Jepang ke-50. Kammu memindahkan mibu kota dari Nagaoka-kyo ke Heian-kyo, karena Fujiwara Tanetsugu yang merupakan seorang penanggung jawab pembangunan Nagaoka-kyo mati dibunuh.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa kepindahan Ibukota tersebut akibat adanya desas-desus pengaruh agama Buddha di Nara. Yang memiliki kekuatan besar dan terletak di kuil-kuil yang oleh orang Jepang disebut sebagai Nanto-jiin. Namun, ada pula pendapat lain yang menyatakan bahwa, ibukota dipindahkan ke Kyoto karena ibu kota kekaisaran milik garis keturunan Kaisar Temmu ke ibu kota baru di tujukan untuk kaisar yang berada pada garis keturunan Kaisar Tenji.

Awal Mula Ibukota Kyoto

tempat wisata menarik di jepang

Kyoto berdiri dengan dikelilingi oleh gunung-gunung di empat penjuru mata angin. Dimana disebelah barat Kota terdapat Sungai Katsura dan disebelah timur terdapat Sungai Kamo. Istana kota didirikan tepat dipusat kota yang kemudian wilayah kota tersebut dibagi mejadi 4v blok berbeda berbentuk persegi yang serupa dengan ibu kota istana di Tiongkok. Tepat di tengah kota terdapat jalan utama yang bernama Suzaku-Oji yang kemudian kini telah berganti nama degan Senbon-dori.

Ekonomi Kyoto kala itu berkembang begitu pesat dengan keberhasilan sistem politik Ritsuryo-sei yang saat ini sudah tidak lagi dipraktekan oleh Jepang. Namun pada masa Kamakura, Kyoto sebagai kota pemerintahan mulai pudar perannya sebagai Ibu Kota karena pusat kekuasaan saat ini berpindah ke Kamakura. Namun meski demikian pusat ekonomi Kyoto tetap menguat bahkan semakin menguat semakin berjalannya waktu.

Pada masa perang Jokyu yang saat itu telah dimenangkan oleh Keshogunan Kamakura membuka sebuah kantor pemelihara keamanan yang dinamai Rokuhara Tandai di Kyoto. Dimana fungsi dari kantor tersebut adalah untuk tempat memata-matai kegiatan kaum bangsawan istana. Namun, diakhir kepemimpinan Kamakura, Rokuhara Tandai di bumi hanguskan oleh Ashikaga Takauji. Kaisar Go-Daigo kaisar baru kemudian menghidupkan kembali pola kepemimpinan kaisar Kemmu, namun sistem pemerintahan tersebut akhirnya gagal karena adanya pemberontakan dari para samurai yang tidak setuju dengan kebijakan kaisar.

Kemudian pada masa kekaisaran Muromachi, Keshogunan Muromachi, Kyoto kembali ditetapkan sebagai ibu kota pemerintahan. Dan telah menjadi Kota dengan kesuksesan ekonomi terbaik yang tumbuh dengan cepat. Namun, dimasa Perang Onin yang merupakan awal zaman Sengoku, Kyoto berubah menjadi kota terbengkalai karena sebagian besar kota tersebut hangus terbakar akibat beberapa kali terjadinya peperangan.

Kyoto bangkit kembali ketika masa kepemimpinan Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi dimana kala itu Kyoto kembali dibangun menjadi Ibu Kota yang besar dan berpengaruh. Di sana sang kaisar kemudian membangun rumah untuk para samurai yang bernama Jurakudai dan kembali mengumpulkan kuil-kuil agama Buddha dalam satu area khusus.

Tempat Wajib Dikunjungi Ketika ke Kyoto

wisata di jepang

Tempat wisata favorit di Jepang yang ada di Kyoto sangat banyak. Kemakmuran Kyoto sebagai saksi berdirinya Jepang masih tetap sama. Sejak abad ke-17, Kyoto terus berkembang sebagai kota makmur dan memiliki jumlah penduduk yang padat.

Mengunjungi Kyoto adalah hal wajib ketika di Jepang, ditempat tersebut anda akan dibawa masuk ke zaman lampau. Anda akan melihat sekitar 17 kuil Buddha dan Shinto di Kyoto. Uji, dan Ozu berdiri rapi dan terstruktur sebagai salah satu warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO. Selain itu anda juga akan disuguhkan pemandangan indah Istana Kekaisaran Kyoto, yang juga telah dikenal sebagai puncak arsitektur Jepang degan kesederhanaannya. Tepat disebelah istaa terdapat bekas Benteng Nijo yang terlihat lebih megah dan merupakan kediaman shogun Tokugawa.

Apabila Anda tertarik melihat kesenian tradisional Jepang atau pertunjukan teater tradisional, maka menujulah ke Gion Corner dekat Shijo-Kawaramachi karena disanalah beragam pertunjukan tari dan kesenian ditampilkan. Sedangkan bagi kamu yang menginginkan suasana damai dan sejuknya Kyoto, anda bisa segara menuju Katsura Imperial Villa. Yang terletak di Kyoto barat yang juga dianggap sebagai penataan arsitektur taman terbaik tradisional di Jepang.

Tidak Hanya Seni, Namun Juga Kuliner

wisata favorit di jepang

Tidak sekedar kental dengan sejarah dan seni, namun di Kyoto anda juga bisa menemukan kuliner-kuliner has Jepang. Di sana terdapat market kuliner yang disebut sebagai pasar kuliner terbaik di Jepang bernama Nishiki Market. Orang Jepang menyebut pasar ini dengan julukan ‘Dapurnya Kyoto’, karena ditempat itulah segala jenis makanan khas Jepang di jual. Mulai drai makanan mentah bahkan hingga makanan mask ada semua di pasar tersebut. Sebut saja ikan, kacang edamame, sampai bonito alias abon ikan dijajakan rapi di pasar tersebut. da yang lebih menarik lagi adalah banyaknya makanan yang bisa hanya di coba tanpa anda harus membeli (tester). Bagi anda yang suka jaja, wajib mencoba beberapa makanan Kyoto seperti Tamago, telur dadar gulung. Namun untuk harganya jangan tanya ya, per-porsi sekitar Rp 105 ribuan. Nah yang paling patut anda coba adalah kue beras alias Senbei yang bisa anda nikmati panas-panas karena baru di panggang.

Tempat wisata favorit di Jepang memang beragam dan menarik. Selain itu, kulinernya juga menarik lho. Jika anda mengunjungi Kyoto wisata kulinernyapun juga sangat menggiurkan bukan ? Oleh karena itu jika anda pergi ke Jepang jangan lupa mampir ya ! Selain berwisata kamu juga bisa menambah pengalaman degan mengunjungi aset-aset bersejarah di Kyoto, lumayan bukan berwisata sambil belajar. Well, happy traveling and byebye.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *