tempat wisata gunung kidul

Goa Pindul Salah Satu Tempat Wisata Gunung Kidul Yang Paling di Andalkan

Posted on
Spread the love

Tempat Wisata Gunung Kidul – Merupakan salah satu Kabupaten yang berada di  DIY Yogyakarta. Pertama kali mendengar tentang Gunung Kidul apa yang anda pikirkan ? Ya, Tiwul atau nasi singkong, merupakan salah satu kuliner khas dari daerah tersebut. Namun kali ini saya tidak akan membicarakan masalah kuliner Gunung Kidul yang sebenarnya unik-unik.

Wisata kuliner unik dan ekstrim di Gunung Kidul memang sangat terkenal, namun ada yang lebih terkenal yaitu objek wisata alam eksotis. Sebagai salah satu daerah yang banyak memiliki pantai Indah, Gunung Kidul ternyata juga memiliki objek wisata menarik lain yaitu Goa Pindul.

Tempat Wisata Gunung Kidul ( Goa Pindul )

tempat wisata menarik di gunung kidul

Dari namanya saja sudah sangat unik bukan ? Goa ini telah lama menjadi bagian tempat wisata Gunung Kidul, namun belum ada yang tahu pasti kapan goa tersebut ada melihat Goa Pindul terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. memang ada sejak dulu, bahkan mungkin tidak ada orang yang pernah tahu secara pasti kapan goa ini terbentuk. Para ilmuwan menduga bahwa goa itu telah terbentuk sejak berjuta-juta tahun lalu, pasalnya sama sekali tidak terlihat adanya unsur buatan manusia pada Gua Pindul.

Asal Usul Goa Pindul

Dikisahkan berasal dari cerita perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan. Dimana mereka berdua merupakan utusan dari Panembahan Senopati Mataram. Sebagai algojo (pembunuh) buah hati laki-laki Putri Panembahan Senopati sendiri. Namun ,kedua suruhan Panembahan senopati tersebut dikisahkan tidak tega melakukan hal keji tersebut dan bersepakat untuk tidak membunuh sang bayi.

Dimana pada akhirnya dua utusan itu menuju arah timur (arah Gunungkidul) namun dalam perjalanan, sang bayi terus menangis hingga keduanya berfikir untuk memandikan sang bayi. Ki Juru Mertani naik kemudian naik kesalah satu bukit kemudian menginjak tanah yang berada di puncak. Dengan kesaktian yang dimilikinya tanah yang di injak oleh Ki Juru runtuh dan membentuk sebuah lubang besar dimana didalamnya terdapat sebuah aliran air jernih.

Dialiran dalam lubang itulah sang bayi dimandikan, namun ketika dimandikan pipi sang bayi terbentur batu yang ada didalamnya. Dari peristiwa inilah, kemudian goa tersebut dinamakan Goa Pindul. Pindul berasal dari kata “pipi” dan “ndul” yang berarti Pipi Kebendul (bahasa jawa dari terbentur).

Sejarah di bukanya Goa Pindul

wisata gunung kidul

Sebelum nama Goa Pindul dikenal sebagai tempat wisata gunung kidul. Dulunya Goa pindul hanyalah sebuah goa dengan danau yang digunakan untuk keperluan mandi, mencuci pakaian bahkan memancing oleh warga sekitar. Sungai yang tepat berada di bawah Goa dijadikan sebagai area pembersihan (mandi) oleh warga sekitar setiap harinya, pasalnya air jernih nan bersihlah yang mengalir didalamnya.

Kini fungsi Goa Pindul sebagai tempat mandi dan mencuci, sudah dilarang dilakukan di siang hari. Hanya kegiatan memancing yang masih diperbolehkan. Karena di dalam sungai Goa Pindul yang jernih merupakan habitat ikan konsumsi masyarakat sehari-hari. Namun, kegiatan memancing ini pun kini telah berkurang intensitasnya. Karena hanya bisa dilakukan dimalam hari saja jika wisatawan sudah tidak ada yang datang.

Tepatnya pada akhir tahun 2010, wisata Goa pindul diperkenalkan sebagai objek wisata menarik oleh Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis). Pengenalan Goa Pindul sebagai objek wisata digagas oleh salah seorang mahasiswa universitas negeri di Yogyakarta (UGM), yang tengah melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Dusun Gelaran.

Singkat Cerita, Setelah serangkaian penelitian telah cukup mendapatkan hasil positif. Kemudian tepatnya pada tanggal 10 Oktober 2010, warga yang bekerja sama dengan pemerintah Daerah memutuskan untuk membuka Goa Pindul sebagai salah satu objek wisata minat khusus. Goa yang dulunya dianggap sebagai goa sakral oleh penduduk sekitar kini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari wilayah sekitar maupun luar kota.
Dahulu, warga tidak pernah berani menjangkau bagian terdalam Goa karena dianggap sakral. Namun setelah adanya penelitian kini tidak sedikit orang mulai berani mengakses bagian dalam goa tersebut. Bahkan banyak yang kagum dengan keindahan goa yang satu ini. Banyak pengunjung yang menyatakan bahwa Goa Pindul sangat menarik dan unik, berbeda dari goa-goa lainnya.

Keamanan Wisata Goa Pindul dan Daya Tariknya

wisata alam gunung kidul

Jika anda ingin berkunjung ke Goa Pindul namun takut untuk menyusuri keindahannya. Anda tak perlu khawatir karena objek wisata ini memiliki pemandu yang sangat handal dan berpengalaman. Peralatan yang digunakan untuk menyusuri goa pun telah didesain sebaik mungkin untuk safety, oleh karena itu jaminan keamanan layanan menelusuri Goa Pindul 100% nyata.

Keamanan tersebut terbukti, ketika jumlah pengunjung pernah mencapai ratusan ribu orang. Selain safety yang nyata, Goa Pindul banyak diminati wisatawan karena memiliki daya tarik cukup besar. Meskipun awal pembukaannya, minat pengunjung masih minim namun kini setiap tahun pengunjung Goa Pindul semakin membludak.

Akses Menuju Goa Pindul dari Jogjakarta

Goa pindul beralamatkan di desa Bejiharjo, kecamatan karangmojo, kabupaten Gunung Kidul. Jika anda ingin berkunjung ke objek wisata tersebut anda harus menempuh rute yang tidak terlalu rumit. Pasalnya tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 50km ke timur dari pusat kota Jogjakarta.

Dengan menggunakan bus umum, perjalanan anda menuju Goa Pindul membutuhkan waktu 1, 5 jam saja. Jika anda menggunakan angkutan umum dari kawasan Malioboro, anda bisa pergi ke Terminal Giwangan terlebih dahulu. Kemudian ambil bus jurusan Wonosari Gunungkidul. Untuk informasi, jika nada ingin menaiki bus jurusan wonosari dari terminal tersebut, pastikan tidak lewat dari jam 3 sore, karena rute tersebut sudah tidak ada jika lewat jam 3.

Jika anda telah sampai di kawasan perempatan Grogol, kemudian carilah ojek untuk mengantar anda ke kawasan Goa Pindul. Jarak perempatan Grogol dan objek wisata hanya 5km saja sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Ongkos untuk ojek sekali jalan sekitar 25.000 – 30.000 rupiah saja, sedangkan untuk tiket masuk ke kawasan Goa sekitar Rp.35.000. Karena saking terkenalnya objek wisata yang satu ini, setiap tahun pengunjungnya membludak sehingga tiket masuk pun sering kehabisan. Oleh sebab itu jika ingin berkunjung, terlebih dahulu anda harus memesan tiket secara online, melalui website resmi Goa Pindul.

Nah, itulah informasi mengenai tempat wisata Gunung Kidul Jogjakarta, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi Anda, terimaksih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *