wisata malaysia

Tempat Wisata Malaysia Mulu Caves National Park Sebagai Wisata Alam Warisan Dunia

Posted on
Spread the love

Tempat wisata malaysia – Ingin berplesir ke luar Negeri ?Anda perlu mencoba salah satu tempat wisata Malaysia ini. Di Negeri Jiran juga banyak terdapat destinasi wisata menarik, namun yang paling menguntungkan adalah Anda tidak perlu susah payah bersosialisasi (bicara) dengan warga malaysia mengingat bahasa kita masih serumpun (masih ada kesamaan).

Twin tower atau menara kembar merupakan salah satu icon paling dikenal oleh wisatawan seluruh dunia. Namun ada satu tempat wisata yang juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia yaitu Mulu Caves National Park. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini, karena sering muncul di televisi dan dikategorikan sebagai wisata alam warisan dunia. Ya, Mulu Caves merupakan salah satu tempat wisata di malaysia yang seringkali dianggap mistis oleh banyak kalangan, meski demikian tempat wisata Mulu Caves tak pernah sepi pengunjung dan wisatawan baik dari manca Negara maupun domestik.

Oleh karena kemistisannya tersebutlah, selain pemandangan yang bagus aura mistis dari goa justru membuat bayak orang merasa penasaran dan ingin berkunjung ke sana.

Tempat Wisata Malaysia –  Mulu Caves

tempat wisata malaysia

Mulu Caves merupakan goa terpanjang di dunia, dimana ruang bawahnya mamang sangat panjang Sarawak Chamber, dimana dengan ukurannya yang panjang dan besar tersebut goa ini diklaim mampu menampung pesawat jenis Boeing 747. Deer Cave, merupakan lorong gua terbesar di kawasan tersebut yang diklaim juga mampu memuat lima katedral seukuran Gereja St. Paul di London.

Dalam goa tersebut uga terdapat atraksi utama lainnya yang disebut dengan Clear Water Cave, gua terpanjang di Asia Tenggara. Sepanjang gua  terdapat gua-gua masif yang merupakan rumah bagi jutaan kelelawar. Selain gua di kawasan wisata tersebut juga terdapat tebing-tebing indah seperti puncak bukit raksasa terlihat setajam pisau, disertai ngarai dalam yang dijuluki sebagai ‘The Pinnacles’.

Sejarah Mulu Caves

tempat wisata di malaysia

 

Salah satu tempat wisata malaysia yaitu mulu caves memiliki sejarah yang menarik. Yaitu merupakan goa yang terbentuk dari Batu kapur diyakini oleh para ilmuwan telah ada sejak  400 juta tahun. Terdapat beberapa pintu masuk ke dalam goa yang dulunya dijadikan sebagai tempat penampungan oleh masyarakat adat Temuan (suku orang asli).

Batu Caves dikenal sebagai salah satu tempat ibadah umat Hindu yang didirikan oleh K. ThamboosamyPillai, merupakan seorang pedagang yang berasal dari India. Pedagang tersebut, membangun sebuah kuil dalam gua yang ia tujukan untuk Dewa Murugan.

Kemudian di tahun 1890, Pillai yang juga pendiri Kuil Sri Mahamariamman, membangun arca Sri Subramania Swamy. Yang hingga sekarang dikenal sebagai Kuil Gua. Ditempat itulah sejak tahun 1892, festival Thaipusam di bulan Tamil Thai (yang jatuh pada akhir Januari/awal Februari) dirayakan secara meriah.

Tangga kayu menuju ke kuil Gua dibangun pada tahun 1920 dan kini telah direnovasi menjadi 272 langkah konkret. Wajar jika hingga saat ini Mulu Cave masih menjadi pemegang rekor gua terpanjang di dunia dengan keberadaan kuil Hindu di bawah langit-langit berkubah besar 100 m.

Diluar gua, terdapat patung menjulang tinggi yaitu Murugan setinggi  42.7 m (140 ft). Merupakan patung tertinggi di Dunia yang dipercaya sebagai dewa dari penganut ajaran Hindu. Diperkirakan patung ini dalam pembuatannya menggunakan sekitar 1550 meter kubik beton, 250 ton baja bar dan 300 liter cat emas yang sengaja didatangkan dari Negeri  tetangga Thailand. Patung Dewa muruga ini mulai diresmikan pada bulan januari tahun 2006 dan dinobatkan sebagai patung Muruga tertinggi di Dunia.

Bukan Hanya Wisata Religi Namun Juga Wisata Alam

wisata di malaysia

Menyatu dalam kemistisannya, selain menjadi objek wisata religi masyarakat Hindu, Goa ini juga menyimpan aset berharga berupa ragam flora dan fauna. Beberapa penghuni gua merupakan spesies unik yang belum pernah ditemukan ditempatseperti laba-laba Liphistiidae dan Eonycteris dan kelelawar Rousettus.

Selain itu juga terdapat kawanan monyet akan menyambut kedatangan anda di Mulu Caves, namun anda harus berhati-hati pada monyet-monyet tersebut karena termasuk monyet liar yang bisa saja menyakiti anda. Terutama yang membawa anak kecil, harap waspada karena kera-kera Mulu Caves sangat liar, mereka tak segan menggigit dan melukai pengunjung.

Masuk kedalam goa, anda akan disuguhi dengan pemandangan mengagumkan dari  Stalaktit menonjol dilangit-langit goa dan stalagmit naik pada lantai yang berjajar tak beraturan. Pemandangan cantik stalagmit dan stalaktit tersebut tentu saja membutuhkan waktu jutaan tahun lamanya, hingga menjadi seindah itu.

Bagi anda yang hobi olahraga ekstrim, jika berkunjung ke Mulu Chaves cobalah untuk mengikuti olah raga panjat tebing yang sering diadakan disana. Ya, sejak 10 tahun terakhir, Mulu Chaves telah menjadi pusat pengembangan olahraga panjat tebing di malaysia.

Kurang lebih sekitar lebih dari 160 jalur pemanjatan ditawarkan oleh wisata goaMulu. Medan pemanjatan tidak lain adalah tebing-tebing curam yang bertebaran diseluruh sisi goa, merupakan perbukitan kapur dengan ketinggian sekitar 150 m.

Akses menuju Mulu Caves

wisata alam di malaysia

Mulu Caves terletak 13 km dari pusat kotaKuala Lumpur, Malaysia. Untuk menemukan tempat tersebut cara termudah untuk menemukannya adalah dengan menggunakan jasa transportasi kereta api dari KL Sentral Komuter stasiun. Perjalanan menggunakan kereta memakan biaya sekitar 2 RM untuk satu kali jalan. Jika tidak ingin naik kereta, anda bisa menggunakan taksi dengan kisaran biaya sekitar 20-25 RM. Jika ingin menggunakan bus, carilah Bus Terminus 11/11d dari Bangkok Bank (Dekat Terminus Puduraya). Atau Bus U6 dari Titiwangsa, angkutan umum tersebut akan mengantarkan anda pada Mulu Cave.

Jika anda ingin berkunjung ke Malaysia untuk berwisata di Mulu cave, anda bisa menggunakan dua jalur akses yaitu darat dan laut. Dengan jalur laut, anda bisa menggunakan kapal ekspres dari Kuala Baram (tiga jam) menuju Marudi. Kemudian setelah dari Marudi pilih jalur cepat komersial menuju Kuala Apoh atau Long Panai di sungai Tutoh (anak sungai Baram). Perjalanan menggunakan akses darat ini membutuhkan sekitar 3 jam. Oleh karena itu kapal hanya akan beroperasi tiap tengah hari dan kembali di pagi hari. Sedangkan jika melalui alur udara, anda bisa menggunakan pesawat Malaysia Airlines(Maswings). Yang bisa mengoperasikan 3 kali penerbangan dari Miri ke Mulu.Waktu tempuh menggunakan pesawat sekitar 30mmenit lamanya.

Setelah sampai dilokasi anda akan disambut dengan pemandangan menakjubkan dari patung Dewa Murugan. Jika Anda berjalan melewati tangga menuju dalam goa, anda juga akan melihat banyak sekali penjual souvenir utamanya souvenir khas India. Nah buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh dari Mulu Cave, souvenir tersebut sangat menarik.Nah, itu dia segelintir informasi mengenai tempat wisata Mulu Cave yang merupakan goa terpajang di dunia. Tertarik menikmati tempat wisata Malaysia satu ini? Buruan agendakan dengan keluarga Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *