tempat wisata manado

Tempat Wisata Manado Paling Menarik dan Populer Saat Ini

Posted on
Spread the love

Tempat Wisata Manado – Anda tentu saja tidak asing dengan semboyan ini ‘Torang Samua Basudara’ ? Ya, itulah semboyan masyarakat Manado , Sulawesi Utara yang memiliki arti Kita Semua Bersaudara. Sebagai salah satu Kota paling terkenal di Indonesia, Manado memiliki penduduk yang begitu ramah dan juga berkepribadian hangat. Oleh sebab itu jangan khawatir jika berkunjung ke manado, karena penduduk setempat akan menganggap kalian adalah saudara mereka dan pasti akan diperlakukan dengan baik.

Tidak hanya ramah masyarakatnya, namun tempat wisata Manado juga menarik dan telah dikenal oleh banyak orang baik dari luar maupun dalam Negeri. Nah, berikut ini adalah beberapa wisata menarik di Manado yang patut untuk anda kunjungi jika berlibur ke sana.

Kawasan Boulevard

kawasan boulevard, tempat wisata manado

Tempat wisata manado yang pertama yaitu kawasan boulevard. Manado kini telah memiliki landmark tersohor yaitu Kawasan Boulevard. Berada di sepanjang  Jalan Pierre Tendean. Dulunya lokasi ini merupakan area pedagang kaki lima, namun kini pemerintah telah mengubahnya sebagai salah satu objek wisata menarik.

Dari kawasan ini Anda bisa menikmati keindahan tenggelamnya matahari  bersama sahabat, kekasih atau yang lainnya. Namun, apabila Anda datang terlambat maka jangan berharap untuk mendapatkan bangku. Jika tidak mau berdiri dan lelah menanti momen tenggelamnya Matahari , sebaiknya Anda berangkat sebelum pukul 5 sore.

Taman Laut Bunaken

taman laut bunaken, tempat wisata di manado

Ini merupakan salah satu tempat wisata Manado yang paling terkenal dan favorit. Bunaken merupakan taman bawah laut yang membuat Indonesia dikenal dunia sebagai salah satu Negara dengan kehidupan laut yang menakjubkan. Tepat pada tahun 2005, UNESCO menetapkan Bunaken sebagai salah satu  warisan dunia.

Menyandang gelar sebagai salah satu warisan Dunia, tentu saja bukan tanpa alasan. Bunaken, memiliki berbagai jenis terumbu karang dan berbagai spesies ikan yang cukup banyak. Hanya dengan sekali pandang saja, banyak orang akan terkesima menyaksikan surga bawah laut Manado tersebut. Oleh sebab itu wajar bila Bunaken di Manado Sulawesi Utara dijadikan sport snorkling paling difavoritkan oleh para pecinta selam.

Bahkan untuk Anda yang tidak bisa menyelam, bisa tetap menyaksikan keindahan bawah laut Bunaken dengan menyewa kapal selam yang telah didesain khusus dengan fasilitas dinding transaparan agar Anda bisa melihat dengan jelas surga Bunaken yang sesungguhnya. Untuk menikmati keindahan Bunaken, sebenarnya bisa anda lakukan kapan saja namun momen terbaiknya adalah pada bulan Mei hingga Agustus. Dimana pada bulan tersebut, air laut Bunaken sedang jerih-jernihnya dan juga suhu lautan sangat ideal untuk penyelaman.

Pantai Malalayang

pantai malalayang, wisata alam menado

Merupakan pantai dengan keindahan bawah laut yang juga sangat menarik. Wisata ini terletak 4 km dari pusat kota Manado. Sama halnya dengan bunaken, di Malalayang anda juga bisa melakukan kegiatan menyelam karena pantai ini memiliki ombak yang cenderung stabil dan tidak berbahaya.

Lebih menarik lagi adalah, pasir pantai Malalayang berwarna hitam tidak seperti pantai lain yang memiliki pasir berwarna putih. Nah, jika anda telah lelah menyelam dan bermain dengan pasir kemudian hal wajib yang perlu anda lakukan adalah menikmati kuliner khas Pantai Malalayang sambil menyaksikan momen terbenamnya matahari.

Arung Jeram Sawangan

arung jeram sawangan, wisata di manado

Wisata ekstrim di Manado begitu banyak, selain menyelam ada juga wisata arung jeram yag tak kalah menantang dari wisata snorkling. Arung Jeram Sawangan, merupakan objek wisata paling popular di Manado karena terkenal dengan keganasan jeram  dan air sungai yang sangat deras.

Panjang lintasan sungai yang akan ditempuh  adalah 9 km. Dengan medan yang lumayan menantang sehingga untuk para pemula Anda baiknya menggunakan pemandu terlatih untuk menghindari segala risiko yang tidak diinginkan. Meskipun sangat menantang, namun kecemasan dan histeria anda akan dihapus oleh indahnya pemandangan sepanjang aliran sungai yang masih sangat alami dengan monyet-monyetnya yang setia bergelantungan di dahan-dahan pohon.

Danau Tondano

danau tondano, wisata manado

Merupakan salah satu objek wisata alam yang patut disambangi ketika menjejakkan kaki di Manado. Danau ini merupakan danau alami (vulkanik) yang terbentuk akibat letusan dari gunung purba. Sama halnya dengan danau Toba, danau Tondano juga memiliki sebuah pulau . Dengan luas sekitar 4.000 hektar, danau ini di apit oleh Gunung Kaweng, Gunung Tampusu, dan Gunung Masarang.

Tidak hanya bisa melihat keindahan danau dan pulau ditengahnya, namun jika berkunjung ke sana Anda juga bisa menyaksikan para nelayan menangkap ikan masih dengan cara manual menggunakan keramba.  Setelah lelah berkeliling danau, anda bisa mencoba kuliner khas Tondano yaitu ikan betutu.

Taman Wisata Tandurusa

taman wisata tandurusa, wisata favorit di bandung

Tidak hanya wisata airnya yang popular, beberapa objek wisata lain yang tak kalah menarik adalah Taman wisata Tandurusa. Merupakan Taman wisata yang terletak di Kecamatan Aertembaga yang bisa anda tempuh selama kurang lebih dua jam dari pusat kota Manado. Di Tama ini anda bisa menyaksikan sendiri satwa khas Sulawesi seperti, tarsius, babi rusa, monyet hitam, dan juga berbagai jeis burung.

Yang paling menarik dari taman wisata Tandurusa adalah keberadaan Tarsius sebagai maskotnya kota Manado. Hewan ini memiliki struktur tubuh yang kurang lebih sama degan monyet. Ukuran tarsius tidak terlalu besar hanya sekitar 15 cm saja, dimana dia memiliki tangan dan kaki yang lebih panjang dari tubuhnya dengan mata bulat besar hampir setengah bagian wajahnya.

Bukit Kasih

bukit kasih, tempat wisata manado

Inilah wisata religi paling dikenal di manado. Lima tempat ibadah bersatu dalam satu barisan dimana kelimanya merupakan lima tempat ibadah dari lima agama masyarakat Indonesia.

Terletak di Desa Kanonang, dimana jaraknya  sekitar 55 km dari pusat kota Manado. Memasuki area wisata anda akan disambut degan keberadaan monumen yang disebut sebagai tugu toleransi. Patung ini memiliki tinggi hingga 22 m dengan bentuk segilima dimana masing-masing sisinya terdapat lima simbol agama berbeda disertai dengan beberapa kutipan ayat kitab suci masing-masing.

Lima rumah ibadah yang saling dihubungkan dengan tangga berliku, dimana kelimanya berdiri kokoh dan menggambarkan betapa akurnya keragaman agama di Manado.

Museum Negeri Sulawesi Utara

museum negeri, wisata manado

Untuk masalah wisata edukasi dan sejarah, Museum Negeri Sulawesi Utara patut untuk anda singgahi. Di Museum ini Anda bisa melihat sejarah budaya suku asli Sulawesi Utara yaitu suku Minahasa. Berada di Jalan WR. Supratman, museum ini berdiri kokoh dengan koleksi barang-barang bersejarah berjumlah 2.810. diantara koleksi tersebut adalah  miniatur rumah adat, pakaian adat, peralatan rumah tangga, alat menangkap ikan, sampai benda peninggalan pahlawan daerah. Museum akan buka pada hari seni hingga sabtu saja, untuk hari minggu dan libur nasional museum akan tutup. Tarif masuk museum sangat murah yaitu hanya Rp.1.000 untuk dewasa dan Rp.250 untuk anak-anak.

Nah, itulah beberapa tempat wisata Manado yang menarik, semoga bisa menjadi referensi tujuan wisata anda menjelang libur panjang tahun baru ini. Terimakasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *