tempat wisata singapura

Gardens By The Bay Merupakan Tempat Wisata Singapura Paling Menakjubkan

Posted on
Spread the love

Tempat Wisata Singapura – Singapura merupakan salah satu negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia. Negara yang satu ini tidak sebesar dan seluas Indonesia, namun secara ekonomi Singapura lebih mau dibandingkan dengan Indonesia. Tak hanya dari segi ekonomi, namun dari segi tata kota dan akomodasi kota, Singapura jauh lebih unggul dibandingkan dengan Indonesia.

Tempat wisata Singapura terkenal akan budaya yang menjunjung tinggi kebersihan. Meskipun negaranya tidak begitu besar, namun kualitas hidup dan kebersihan di sana sangat terjaga. Hal ini membuat banyak negara kagum terhadap sistem serta tata ruang Singapura yang memang begitu menakjubkan. Oleh karena itu tidak heran ika setiap tahunya, banyak wisatawan berkunjung ke Singapura. Selain karena negaranya nyaman, namun objek wisata di Singapura juga beragam dan menarik seperti Universal studio Singapura, Patung merlyon dan juga Marina Bay.

Gardens By The Bay

tempat wisata singapura

Anda tentunya sudah sering mendengar tempat wisata singapura yang satu ini bukan? atau bahkan kalian sudah pernah berkunjung ke sana ? Garden By The Bay merupakan salah satu proyek gila pemerintah Singapura dan merupakan satu-satunya proyek taman terbesar di Negeri Singa Putih tersebut. Gardens By The Bay terletak ditepian objek wisata Marina Bay dan juga dikenal sebagai taman selatan Marina.

Berkunjung ke Gardens By The Bay, hanya akan membuat anda kagum dan kagum terhadap keindahannya. Bahkan sejak pertama dibuka, pengunjung terus membludak untuk mencoba wisata alam yang satu ini. Di taman yang sangat luas tersebut anda tidak hanya disuguhi dengan kehijauan tanaman-tanaman yang ada didalamnya namun juga keunikan arsitektur dengan cita rasa seni tinggi.

Awal Didirikannya Gardens By The Bay

tempat wisata di singapura

Sekitar tahun 1970-an, di Teluk Marina dilakukan reklamasi yang saat ini telah menjadi kawasan Marina Centre dan Marina South. Tahun 2008, Marina Barrage dibangun yang membuat Teluk Marina serta daerah aliran sungai Kallang menjadi tempat penampungan air tawar pusat kota (Marina Reservoir)yang bermanfaat bagi pengairan kota mulai dari persediaan air, mengatasi banjir dan juga atraksi air di pusat kota.

Selaras dengan perubahan dan pengembangan tata kota Singapura sebagai Kota Taman. Singapura merancang proyek besar dengan membangun 3 taman yaitu Gardens by the Bay terdiri dari Bay South, Bay East, dan Bay Central di mulut Sungai Singapura seluas 101 hektare yang menghadap ke teluk Marina.

Garden By The Bay didirikan diatas lahan seluas 101 Hektar di tepian Teluk Marina. Di tahun 2006, pemerintah Singapura, menggelar sebuah kompetisi desain taman yang telah diikuti oleh sekitar 170 desainer dari 24 negara. Pemenang dari kompetisi tersebut akan mendapatkan hadiah ratusan ribu Dollar Singapura itu. Tepatnya pada tahun 2007, lokasi taman mulai dibangun da dikerjakan yang pada akhirnya pada pertengahan bulan Agustus Garden By The Bay mulai dibuka untuk umum.

Desain Unik Dan Mempesona

Bukan hanya sebatas taman hiburan, Garden By The Bay merupakan sebuah maha karya hebat karena menggunakan arsitektur yang luar biasa rumit. Dimana dalam merancangnya membutuhkan perhitungan tinggi, dengan segi artistik yang sangat luar biasa. Oleh sebab itu tidak salah jika proyek Garden By The Bay telah berulang kali mendapatkan penghargaan seperti Grant Associates.

Di tempat wisata Singapura ini Anda akan disuguhkan beragam tumbuhan hijau nan cantik, bahkan anda juga akan dibuat terpukau oleh pemandangan air terjun yang luar biasa di destinasi holtikultur. Tumbuhan yang tertanam di dalam taman merupakan tumbuhan yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Bagian Menarik Garden By The Bay

wisata singapura

Kurang lebih sekitar 1 juta koleksi tanaman menghiasi seluruh area taman yang dipercantik degan pemandangan memukau dari Cloud Forest. Dimana terdapat beragam tanaman di dalamnya juga gunung setinggi 35 meter diselimuti kabut serta ragam tanaman rimbun yang mengelilingi air terjun di area ruangan tertinggi di Dunia.

Selain itu anda juga bisa menemukan tanaman hidup yang berasal dari dataran tinggi tropis 2.000 meter di atas permukaan laut. Di area Flower Dome Anda bisa melihat ragam bunga warna-warni yang telah menyesuaikan diri dengan iklim yang sejuk-kering kawasan Mediterania serta menaungi koleksi tanaman dari berbagai gurun yang ada di dunia. Degan tinggi menjulang hingga 16 lantai ini, bisa anda jumpai di seluruh kebun raya.

Far East Organization Children Garden, merupakan salah satu bagian taman yang wajib anda kunjungi ketika bersama anak anda. Karena ditempat ini terdapat rumah pohon dengan ketinggian sekitar 7,5m serta terowongan air yang sangat interaktif. Untuk memasuki taman ini anda tidak perlu membayar karena free bisa dikunjungi gratis.

Tips Berkunjung ke Gardens by the Bay

  • Jika anda ingin mengunjungi Garden By The Bay, anda sebaiknya berkunjung di sore hingga malam hari, kenapa demikian ? Karena di siang hari, terik matahari begitu menyengat. Namun jika suda menjelang sore atau malam hari pemandangan taman dipercantik oleh pancaran lampu-lampu menawan. Kelap-kelip warna lampu taman, membuat anda betah berlama-lama didalamnya.
  • Untuk anda yang baru mengunjungi Garden By The Bay, jangan pernah melewatkan pertunjukan OCBC Garden Rhapsody yang rutin dilakukan pada pukul 19.45 dan 20.45. Merupakan sebuah pertunjukan cahaya dan musik yang sungguh mengagumkan dan bisa anda nikmati di area Supertree Groove.
  • Untuk anda yang membawa putra atau putrinya, jangan lupa untuk membawakan bau ganti agar anak ada bisa menikmati permainan di Far East Organization Children Garden.

Garden By The Bay dengan koleksi lebih dari 500.000 tanaman lebih dan lebih dari 2.200 jenis tanaman. Digadang-gadang sebagai 10 Taman Terbaik Dunia merupakan maha karya luar bisa negeri Patung Merlyon bahkan telah menyabet penghargaan dari Guinness World Record. Selain itu, taman ini juga sekaligus menambah jumlah paru-paru dunia yang semakin lama semakin menurun.

Jika anda berkunjung ke Singapura, jangan lupa untuk mengunjungi taman megah dan indah tersebut. Utamanya bagi anda yang punya anak, dijamin anak anda akan sangat senang dan betah berlama-lama bermain di dalam taman tersebut.

Akses Menuju Garden By The Bay

Degan sistem transportasi yang juga sudah sangat canggih, untuk menuju Garden By The Bay anda hanya tinggal naik MRT Jalur Kuning, kemudian turun di stasiun Bayfront dan keluar dari pintu Exit B, yang akan membawa anda di area Dragonfly & Kingfisher Lake. Atau jika bingung lebih baik anda memilih untuk naik MRT jalur merah. Kemudian turun di stasiun Marina Bay keluar di exit A kemudian cari bus no.400 turun di kawasan Marina Gardens Drive.

Nah, itulah informasi terkait tempat wisata Singapura yang sungguh menakjubkan, Garden By The Bay. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *