tempat wisata tulungagung

Tempat Wisata Tulungagung yang Menarik dan Terbaru

Posted on
Spread the love

Tempat wisata Tulungagung – Tulungagung merupakan salah satu kota yang terletak dikawasan pesisir pantai selatan Jawa. Dengan destinasi wisata yang begitu banyak dan menarik. Sebagai kota pesisir, tentu saja Tulungagung memiliki banyak sekali objek wisata pantai seperti, Pantai Popoh, Pantai Sangar, Pantai Sidem, Pantai Klatak dan masih banyak lainnya.  Selain Pantai Tulungagung juga memiliki objek wisata menarik lainnya yang tentu saja bisa membuat Anda puas jika berkunjung ke sana.

Meskipun tidak sepopuler wisata-wisata di Indonesia seperti wisata Bali, Jogja, Bandung atau Malang namun keindahan wisata di Tulungagung tidak terbantahkan lagi. Nah, berikut ini adalah beberapa wisata yang patut anda kunjungi ketika di Tulungagung.

Tempat Wisata Tulungangung – Goa Selomangleng

tempat wisata tulungagung

Merupakan salah satu objek wisata dibawah areal kehutanan lingkungan BKPH Kalidawir. Tepat berada di area Dusun Sanggrahan Kidul, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu. Kawasan ini terkenal dengan lereng jurang Sanggrahan dengan medan yang sangat ekstrim. Goa Selomangleg terbagi atas dua bagian yaitu, bagian yang  agak datar berada di bagian bawah, serta bagian terjal berada di atas.

Pada bagian pertama terdapat sebuah goa eksotis nan menarik, kemudian pada bagian ke dua terdapat sebuah cadi yang tidak kalah menarik. Goa selomagleng merupakan hasil karya dari sebuah batu besar dimana letak goa pertama pada posisi datar adalah hasil dari pengerukan (monolit) yang menciptakan dua buah pintu berbentuk persegi.

Pada bagian utama goa utama, Anda akan disuguhi pemandangan menarik berupa relief. Dengan area seluas 29,5 m x 26 m, bagian dalam goa memiliki panjang 360 cm, lebar 175 cm dan ceruk = 380 cm. Mulut goa menghadap ke Barat dengan menampilkan karya seni berupa relief. Pada panel goa yang merupakan penggambaran sejarah Arjunawiwaha, yakni ketika Indra memerintahkan bidadarinya untuk menggoda Arjuna di Gunung Indrakila.

Kemudian pada bagian goa kedua yang letaknya lebih tinggi dari goa pertama terdapat hiasan berupa palang Yunani dengan bingkai bujur sangkar. Goa ini menghadap ke arah selatan  dengan ukuran panjang 360 cm dan lebar 200 cm. Tidak ada relief atau apapun pada goa yang kedua ini namun keindahan pahatan kaki dan batur candi tidak kalah menariknya.

Candi Sanggrahan

tempat wisata di tulungagung yang menarik

Tempat wisata tulungagung yang ke dua yaitu candi sanggrahan. Merupakan objek wisata sejarah yang terletak di kawasan  Dusun Sanggrahan, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu. Candi Sanggrahan umumnya terdiri dari terdiri sebuah bangunan induk dan juga dua buah bangunan kecil yang mendampingi bangunan induk. Batuan andesit dengan isian bata, merupakan material utama dari bangunan induk candi.

Bangunan induk candi memiliki panjang 12,60 m, lebar 9,05 m, serta tinggi 5,86 m yang terdiri dari empat tingkat dimana masing-masing berbentuk bujursangkar menghadap ke barat. Kemudia, di bagian timur candi induk terdapat bangunan kecil hanya tersisa bagian bawahnya saja. Dahulunya di area bangunan kecil tersebut terdapat lima buah arca Budha dimana masing-masing dari arca memiliki posisi mudra yang berbeda.

Kawasan Lawean Penampihan Sendang

wisata tulungagung terbaru

Untuk Anda yang sangat menyukai objek wisata alam seperti air terjun. Jika berkunjung jangan lupa untuk mampir ke wisata Air terjun Lawehan. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata paling berpengaruh di Tulungagung. Wisata ini terletak di Turi, desa Geger, Kecamatan Sendang Tulungagung.

Jarak lokasi air terjun sekitar  25 km arah barat dari pusat kota Tulungagung. Dan merupakan bagian Lereng Wilis yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.200 m diatas permukaan air laut. Untuk menuju ke lokasi air terjun anda harus berjalan 3 km. Dimana selama perjalanan tersebut anda akan disuguhi oleh pemandangan alam perbukitan yang masih sangat asri dan indah. Namun, Anda harus berhati-hati karena medan terjal berupa jalanan licin dan basah serta curam harus bisa Anda taklukan jika ingin menyaksikan keindahan air terjun.

Situs Karsyan Goa Pasir

tempat wisata tulungagung

Goa Pasir, merupakan objek wisata sejarah yang sangat mashur di Tulugagung. Lokasinya bereda di Dukuh Pasir Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol yang lebih tepatnya berada di kawasan pegunungan kapur selatan (Gunung Podo). Objek wisata yang satu ini menyimpan begitu banyak peninggalan sejarah  berupa benda purbakala seperti makam kuno, relief dan juga patung.

Meurut buku berjudul TABUTA (Tapak Budaya Tulungagung) yang dikarang oleh Drs. M Dwi Cahyono, M.Hum disebutkan bahwa Goa Pasir memiliki arsitektur bangunan landam kuda yang merupakan peninggalan arkeologi berupa goa pertapaan. Goa yang terdiri dari dua bagian ini memiliki kriterianya masing-masing. Dimana Goa yang satu yang memiliki ukuran 260 x 175 cm dan kedalaman 218 cm dengan ketinggian 200M. Dan dipenuhi banyak relief tanpa disertai adanya batu. Sedangkan untuk Goa yang ke dua yang memiliki ukuran 305 x 255 x 190 cm serta kedalaman 255 cm tidak memiliki relief dan posisinya menghadap ke barat.

Pantai Popoh

wisata di tulungagung yang terbaru

Pantai Popoh, pantai ini merupakan pantai paling dikenal oleh para wisatawan baik dari wilayah Tulungagung sendiri ataupun luar tulungagung. Merupakan obyek wisata pantai yang terletak tepat di pesisir Samudera Hindia Kabupaten Tulungagung. Popoh beach, merupakan icon dari Tulungagung yang tepat berada di ujung timur Pegunungan Kidul.

Pemandangannya yang indah dan infrastruktur yang memadai merupakan hasil karya P.R. Retjo Pentung. Pantai ini dapat ditempuh dengan jarak 27 km dari pusat kota Tulungagung menuju selatan, dengan medan jalan yang sangat nyaman pasalnya jalanan sudah beraspal semua. Ketika menuju ke Popoh sepanjang perjalanan para wisatawan dapat menemukan sentra kerajinan batu Onyx yang sangat terkenal di Tulungagung.

Pantai Popoh, merupakan pantai berbentuk teluk sehingga suasana khas dari pantai ini berbeda dari pantai pada umumnya.  Deburan pantai selatan yang terkenal dengan suasana magisnya serta angin sepoi-sepoi yang tidak begitu kuat akan diperindah dengan keberadaan karang payung yang muncul dari bawah laut. Pegunungan hijau disekitar teluk dan juga “Reco Sewu” merupakan daya tarik utama dari pantai yang satu ini.

Puas menikmati keindahan serta keeksotisan Popoh Beach, anda yang datang dari jauh bisa menyewa penginapan disekitar pantai yang langsung menghadap ke laut. Harganya cukup terjangkau, dan yang terpenting Anda bisa menyaksikan keindahan Popoh Beach hingga senja menyapa. Anda bisa menyaksikan tenggelamnya matahari dengan sangat indah ditemani deburan ombak yang mengalum merdu.  Dan sebelum Anda pulang pastikan dulu untuk membeli souvenir khas Popoh Beach yang banyak dijajakan di area pantai.

Nah itulah beberapa tempat wisata Tulungagung yang wajib Anda coba ketika sedang berada di sana. Tulungagung harus dimasukan sebagai list kota wisata yang ingin Anda coba. Bukan hanya untuk sekedar refreshing, objek wisata yang ada di Tulungagung juga dapat menambah wawasan Anda mengingat sebagian besar wisata Tulungagung merupakan wisata sejarah.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda, terimaksih !.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *