wisata wonogiri

Tempat Wisata di Wonogiri yang Paling Tersohor

Posted on
Spread the love

Tempat Wisata Wonogiri – Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu Kabupaten terbesar di Jawa tengah. Kabupaten satu ini terletak di bagian selatan Kabupaten Sukoharjo, yang jaraknya kurang lebih hanya  15 km. Wonogiri, siapapun orang tau jika kabupaten ini sangat terkenal dengan kuliner khasnya yaitu “Gaplek” yang merupakan singkong kering hasil penjemuran.

Selain makanan khasya tersebut, nyatanya Kabupaten wonogiri juga menyimpan sejuta pesona wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi. Nah berikut ini adalah beberapa tempat wisata di sukoharjo atau kabupaten Wonogiri paling tersohor di Indonesia !

Waduk Gajah Mungkur

tempat wisata wonogiri

Siap yang tidak mengenal wadut terbesar ini ? berada kurang lebih 2,5 km ke arah selatan kota Wonogiri, Aduk Gajah Mungkur merupakan objek wisata paling dikenal di Wonogiri, bahkan telah menjadi icon kota “Gaplek tersebut”

Waduk Gajah Mungkur berada diantara 5 kecamatan di wonogiri. Keindahan alam yang sangat eksotis dan juga asri mempercantik pemandangan waduk, juga keberadaan rumah makan apung yang cukup terkenal dan patut untuk anda coba. Selain Rumah makan Apung, Anda juga bisa menemukan Keramba, Hotel, Rumah Makan Special Ikan Bakar untuk memanjakan diri bersama sahabat atau keluarga ketika berkunjung ke Waduk gajah Mungkur.

Kegiatan memancing di area waduk merupakan agenda rutin para wisatawan yang berkunjung ke sana . Kegiatan-kegiatan religi sering diadakan di waduk Gajah Mungkur seperti Jamasan Pusaka Mangkunegara yang dilaksanakan tepat pada Bulan Muharam atau Suro. Ada juga festival Syawalan ketupat yang pastinya akan menampilkan berbagai macam hiburan seperti  seni budaya Reog, Orkes Dangdut Tari Kethek Ogleng, dan Campursari.

Pantai Sembukan

pantai baru di wonogiri

Perlu Anda ketahui, bahwa menemukan pantai di kawasan Surakarta sangatlah sulit. Kabupaten Wonogiri adalah satu-satunya Kabupaten atau kota yang menjadi wilayah cakupan kota Surakarta yang memiliki pantai. Pantai Sembukan merupakan salah satu Pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Wonogiri dan berada di Kecamatan Paranggupito. Jarak objek wisata ini dari pusat kota Wonogiri adalah sekitar 40 Km menuju arah selatan atau bisa ditempuh degan 2 jam perjalanan.

Pantai Sembukan mashur dikalangan masyarakat Jawa sebagai salah satu pantai ritual dan banyak dikunjungi oleh masyarakat yang ingin bermeditasi atau  ngalab berkah. Tidak jarang di pantai ini diadakan acara larung sesaji dan juga wayang sebagai ritual rutin masyarakat setempat.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk membawa peralatan menacing seperti kail dan sebagainya. Di pantai Sembukan, anda bisa melakukan aktivitas memancing dengan sport-sport yang ciamik ditemani pemandangan pantai yang begitu memukau.

Dari panti Sembukan juga anda bisa menyaksikan kemegahan dan keindahan sebuah tempat peribadatan yang terletak di pegunungan. Pesona pantai yang menawan serta panorama pegunungan yang begitu mempesona, akan membuat anda betah berlama-lama di pantai sembukan.

Pantai Nampu

tempat wisata di wonogiri

Merupakan pantai lain selain pantai Sembukan yang dimiliki oleh Kabupaten wonogiri. Pantai ini tidak kalah mempesonanya dengan pantai Sembukan, dimana pemandangan asri pantai degan lautan pasir putih tentu saja menjadi daya tarik utama dari pantai tersebut.

Untuk menuju pantai ampu anda harus menempuh jarak sejauh 15km dari Kecamatan. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan tempat wisata bersama keluarga besar. Anda bisa puas mandi di area pantai yang masih memiliki air cukup bersih dan deburan ombak tenangnya.

Setelah anda selesai bermain-main dengan air laut dan pasir pantai, anda bisa segera membersihkan diri di kolam air tawar yang ada di area pantai. Setelah badan terasa segar, kemudian anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan ditemani es kelapa muda yang banyak dijajakan dia area pantai.

Kahyangan

tempat wisata sejarah di wonogiri

Sama halnya degan kota-kota di Provinsi jawa Tengah lainya yang memiliki sejumlah wisata religi da ritual, Kabupaten wonogiri juga demikian. Wonogiri yang menurut sejarah didirikan oleh RM. Said (Pangeran Sambernyowo atau Mangkunegoro I) memiliki objek wisata ritual yang diberi nama Kahyangan. Kahyangan merupakan petilasan RM.Said yang terletak di kawasan Kecamatan Tirtomoyo jaraknya sekitar 25km dari pusat kota Wonogiri menuju ke selatan.

Kahyangan akan dipadati oleh para wisatawan atau peziarah pada hari-hari tertentu saja selain pada musim liburan. Malam selasa kliwon dan malam jum’at kliwon merupakan waktu yang tepat berkunjung ke petilasan ini.

Hutan atau Alas Kethu

wisata alam wonogiri

Untuk Anda yang menginginkan berwisata alam ditengah hutan, anda bisa datang ke Wonogiri. Karena disana terdapat wisata hutan yang biasa disebut degan Alas Kethu. Obyek Wisata satu ini sangat mudah untuk dijangkau, karena letaknya tepat dijantung kota Wonogiri. Hal ini tentu saja berbeda dengan wisata hutan pada umumnya yang umumnya berada di pinggiran kota.

Alas Kethu terlihat sangat mempesona dengan keberadaan beberapa jenis tumbuhan berkayu besar seperti,jati,mahoni dan kayu putih.

Luas hutan ini cukup besar yaitu sekitar 40Ha yang juga merupakan salah satu paru-paru kota Wonogiri.

Area wisata hutan Kethu sangat cocok dijadikan sebagai lokasi pembuatan film-film laga karena selain luas dan alami lokasinya juga sangat dekat dengan keraton Surakarta dan Mangkunegara.

Air Terjun Setren

tempat wisata air terjun manikmoyo wonogiri

Merupakan obyek wisata alam yang terletak di Kecamatan Slogohimo. Jaraknya sekitar 30 Km dari pusat Kota Wonogiri ke arah timur menuju Ponorogo (Jawa Timur). Pemandangan indah dari perbukitan dan air terjun, terdapat juga agro wisata yang sangat patut untuk Anda kunjungi.

Tidak dipungkiri jika sebagian dari sumber devisa kota Wonogiri adalah hasil dari potensi alam pegunungan salah satunya adalah Air Terjun Setren. Jika dibandingkan dengan Tawangmangu, Karanganyar, Setren mungkin belum terlalu popular, namun pemandangan Setren tidak bisa diabaikan. Air terjun Setren kini telah menjadi salah satu objek wisata alam paling digemari oleh para pecinta alam.

Daya tarik wisata Air terjun Setren adalah keelokan alamnya yang sungguh mempesona, selain itu juga Kecamatan Slogohimo yang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah durian.

Goa Putri Kencono

wisata putri kencono wonogiri

Merupakan destinasi wisata alam lain yang menjadi daya tarik di Kota Wonogiri. Goa ini terletak tepat di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro jaraknya sekitar 40km dari pusat kota Wonogiri. Keindahan stalakmit dan stalaktit sudah tidak dipungkiri lagi, ditambah view menarik lainnya berupa pemandangan bukit tembus yang berada di balik bukit.

Dengan luas yang mencapai 1.000 m goa Putri Kencana sangat lapang untuk dimasuki. Anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana indahnya panorama goa tersebut dan mengabadikannya melalui kamera atau smartphone anda.

Itu dia beberapa tempat wisata menarik yang tersebar di Wonogiri. Untuk Anda pecinta wisata ritual dan wisata alam jangan lupa mampir ke Wonogiri. Selain bisa merasakan kesejukan Kota Wonogiri anda juga bisa belajar banyak tentang beberapa peninggalan sejarah yang hingga kini masih dipertahankan sebagai tempat wisata ritual oleh masyarakat dan pemerintah daerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *