Travel Vlog Ke Pasar Kumandang Wonosobo

Pasar Kumandang yang terletak di Kabupaten Wonosobo mulai viral karena menyuguhkan pemandangan yang sangat unik dan tak biasa. Bagaimana tidak, mindset tentang pasar yang sesak dan sumpek berhasil ditepis manakala berkunjung ke pasar yang satu ini. Penampakannya sungguh berbeda jauh dari pasar tradisional yang ada sekarang. Pengunjung seakan-akan dibawa ke zaman dahulu dimana segala sesuatunya masih bersifat serba tradisional mulai dari tampilan, suasana, hingga model transaksi yang digunakan.

Sensasi Berbelanja Secara Tradisional di Pasar Kumandang Wonosobo

Pasar tradisional ini berada di Dusun Bongkotan, Desa Bojosari, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Jarak antara pasar dengan pusat kota Wonosobo cukup dekat sekitar 10 Km saja. Nuansa alam khas pedesaan begitu kental dirasakan saat memasuki area pusat perbelanjaan tradisional yang resmi dibuka pada Mei 2018 lalu. Suasana yang begitu asri memang sangat dirasakan mengingat lokasinya yang berada di kawasan hutan.

Satu lagi yang cukup unik di tempat ini yaitu transaksi jual beli yang sangat berbeda dibandingkan saat ini. Pengunjung yang ingin membeli barang dagangan yang ada di sini tidak menggunakan mata uang rupiah sebagaimana biasanya. Akan tetapi, kepingan koin yang berasal dari batok kelapa dijadikan sebagai alat tukar. Saat memasuki area pasar, pengunjung bisa menukarkan sejumlah uang rupiah yang dimiliki dengan koin batok kelapa dengan nilai Rp2.000 rupiah tiap satu kepingnya.

Pasar Kumandang menjajakan aneka kuliner serba tradisional, seperti kue lupis, klepon, serabi, nasi megono, tiwul, combro, getuk, dan masih banyak lagi. Jajanan tradisional tersebut dijual dengan harga yang relatif murah dan disajikan dengan cara yang tradisional pula seperti menggunakan daun pisang. Pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman tersebut di tempat-tempat yang telah disediakan oleh panitia.

Pasar kumandang semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan yang tak hanya ingin mencicipi kulinernya saja. Namun, mereka banyak yang penasaran dengan tradisi dan nuansa tradisional yang disuguhkan. Siapapun boleh memasuki pasar tersebut secara gratis tanpa dipungut biaya.

Video Travel Vlog Terbaru Ke Destinasi Tersembunyi Paling Cantik