wisata kuliner salatiga

TOP Rekomendasi 9 Tempat Wisata Kuliner Salatiga Yang Paling Menarik

Posted on
Spread the love

Wisata kuliner Salatiga – Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang cukup dingin karena berada di lereng Gunung Merbabu. Meskipun merupakan kota dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, Salatiga tetap menarik untuk dikunjungi. Berbagai wahana rekreasi bisa Anda jajal untuk sekedar merelaksasi diri. Wisata kuliner Salatiga yang beragam juga akan memberi pengalaman menyenangkan pada siapa saja yang menyantapnya. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk memuaskan indra pengecapan Anda.

Rekomendasi Wisata Kuliner Salatiga

1.    Tumpang Koyor

tumpang koyor salatiga

Salah satu kuliner khas Salatiga yang masih jarang ditemukan di daerah lain adalah tumpang koyor. Makanan berbahan otot, tulang muda, dan tetelan sapi ini mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga biasanya dilengkapi dengan oseng daun pepaya. Menu ini beraroma khas karena menggunakan tempe busuk sebagai bahannya.

Tumpang koyor paling pas untuk mengusir dinginnya subuh Salatiga, karena itu kebanyakan warung yang menjajakannya hanya buka di pagi hari. Diantara sekian banyak penjual tumpeng koyor, Pondok Dahar Mbah Rakinem bisa dibilang menyajikan rasa yang terbaik. Sudah berjualan sejak tahun 1970 membuat tumpang koyor sajian Mbah Rakinem terjamin kelezatannya. Warung ini buka pukul 07.00 WIB dan biasanya pukul 10.00 WIB dagangan Mbah Rakinem sudah habis. Untuk menyantap makanan khas Salatiga ini Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 10.000,00.

2.    Warung Joglo Bu Rini

warung joglo bu rini salatiga

Bagi Anda yang telah jenuh dengan suasana kota yang penuh polusi, ada baiknya Anda bersantai di Warung Joglo Bu Rini. Rumah makan ini akan menawarkan suasana sejuk nan hijau dari hamparan sawah di sekelilingnya. Menu yang menjadi andalan adalah berbagai macam olahan iga. Sedangkan untuk minuman, terdiri dari banyak pilihan, mulai dari jus hingga wedang tradisional.

Warung yang hampir tidak pernah sepi ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Suasananya yang asri membuat Warung Joglo Bu Rini menjadi pilihan favorit untuk bersantai sekaligus berburu kuliner.

3.    Warung Lawuh Ndeso Salatiga

warung lawuh ndeso salatiga

Masakan khas Jawa tentu saja yang paling dicari jika sedang berada di Jawa Tengah, tak terkecuali di Salatiga. Jika Anda ingin mencicipi beragam masakan Jawa tetapi sedang tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa mengunjungi Warung Lawuh Ndeso Salatiga. Mulai dari brongkos, sambel goreng krecek, hingga beragam pepes dan sayuran tersedia dan disajikan secara prasmanan.

Menu paling laris di Warung ini adalah sop matahari. Sop ini berisi daging, jagung, wortel, dan tahu yang dibungkus dengan telur dadar tipis. Telur dibuka hingga berbentuk seperti bunga matahari dan disiram dengan kuah kaldu. Warung Lawuh Ndeso Salatiga hanya buka hingga sore dan beralamat di Jalan Langanrejo No. 6, Gendongan, Salatiga.

4.    Kafeole Coffeeshop & Resto

kafoele coffeeshop dan resto salatiga

Hampir semua orang pernah berkhayal menikmati malam yang dingin di Kota Salatiga sambil bersantap ria ditemani pujaan hati. Tidak terlalu sulit untuk mewujudkannya, karena tempat makan romantis di Salatiga cukup mudah ditemui. Tapi tidak ada yang bisa mengalahkan keasrian dari Kafeole Coffeeshop & Resto.

Tanaman-tanaman hijau memenuhi halaman Kafeole, bahkan bisa menutupi antar gazebo. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati live music setiap malam Minggu yang menambah suasana romantis. Menunya cukup beragam, mulai dari masakan Indonesia hingga masakan China dan pilihan minumannya juga lumayan lengkap. Kafeole Coffeeshop & Resto terletak di Jalan Tentara Pelajar No. 61 Salatiga, dan buka pukul 10 pagi hingga 11 malam.

5.    Tempat Nongkrong di Salatiga

lapangan pancasila salatiga

Saat-saat bersantai bersama rekan atau keluarga menjadi saat yang terasa menyenangkan, apalagi jika di tempat yang juga menyenangkan. Tak perlu bingung jika mencari tempat nongkrong di Salatiga. Karena ada banyak lokasi menarik di Salatiga untuk sejenak meninggalkan penat dari rutinitas harian. Sebut saja salah satunya Lapangan Pancasila yang terletak di Kalicacing, Sidomukti, Salatiga. Di sekitar Lapangan Pancasila ini banyak terdapat kedai yang menjual oleh-oleh dan kedai makanan.

Selain itu Salatiga juga menyediakan banyak kafe, resort, dan restoran bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu sambil menikmati wisata kuliner Salatiga. Seperti Stasiun Susu di Jalan Yudistira No.3, Dukuh, Salatiga. Atau jika Anda ingin makanan berat, bisa menyambangi The Biztro di Jalan Bima No.28, Gang Bima, Dukuh, Sidomukti, salatiga.

6.    Cafe di Salatiga

kafe teloD-9 salatiga

Menimati suasana kafe sambil menyatap olahan tradisional bukan hal yang tidak mungkin. Salah satu Kafe di Salatiga, Cafe Telo D-9 yang terletak di Jalan Argowiyata 8A Salatiga salah satunya. Sesuai dengan namanya, kafe ini menyediakan beragam olahan telo atau singkong sebagai menu andalannya.

Selain menyediakan singkong yang dipresto, ada juga hidangan khas Jawa lain yang juga berbahan singkong, seperti mentho dan klenyem. Makanan berat pun tersedia di kafe ini, seperti nasi goreng, steak, dan lain-lain. Kafe ini buka setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga 21.30 WIB.

7.    Joglo Ki Penjawi

joglo khi penjawi salatiga

 

Makan bersama keluarga merupakan momen yang penting, terutama bagi tumbuh kembang si kecil. Salah satu restoran di Salatiga yang ramah anak adalah Joglo Ki Penjawi. Disebut begitu karena restoran ini memang berbentuk rumah adat Jawa, dan terletak di Ki Penjawi.

Di Joglo Ki Penjawi Anda akan disuguhkan beragam menu western dan masakan Indonesia. Tempatnya bernuansa Jawa dengan bangunan utama berbentuk joglo 2 lantai. Dan yang membuat si kecil betah adalah playground di halaman restoran. Tidak hanya itu, di dalam joglo, tepatnya di lantai 2 terdapat kuda-kudaan sebagai hiburan bagi buah hati Anda.

8.    Waroeng Kopi Prijaji

waroeng kopi prijaji salatiga

Waroeng kopi prijaji merupakan tempat romantis Salatiga yang sangat direkomendasikan untuk Anda dan pasangan. Letaknya memang agak pelosok, yaitu di Jalan Hasanudin Banjaran Gang II/645 B, Sidomukti, Mangunsari, Salatiga. Namun itu bukan masalah besar mengingat suasana dan sajiannya yang luar biasa. Waroeng ini buka pada pukul 4 sore hingga 11 malam.

Bangunannya bernuansa Belanda dengan menu yang berkelas menambah kesan romantis. Waroeng Kopi Prijaji hanya mengolah biji kopi terbaik untuk dinikmati oleh pelanggannya, tak heran jika rasanya benar-benar nikmat. Selain itu menu makanan yang disajikan juga berganti-ganti. Membuat banyak orang ingin terus kembali untuk mencicipinya.

9.    Sate Blotongan

sate blotongan salatiga

 

Olahan kambing memang tidak ada matinya, terutama jika disate, selalu membuat ketagihan. Salah satu sate kambing populer yang bisa Anda dicicipi saat tengah berburu wisata kuliner Salatiga adalah Sate Blotongan. Sate yang beralamat di Blotongan, Sidorejo, Kota Salatiga ini disajikan di atas hot plate untuk menjaga kehangatan satenya. Selain itu, untuk menjaga cita rasa sate kambing tersebut, sambel kacang dan kecapnya disajikan terpisah. Dengan harga yang hanya Rp.22.000 untuk sate kambing selezat itu, tidak heran jika Sate Blotongan menjadi tempat favorit banyak orang.

Itulah beberapa tempat rekomendasi bagi Anda yang ingin mencicipi wisata kuliner Salatiga. Semoga dapat menjadi referensi dan selamat berburu kuliner.

One thought on “TOP Rekomendasi 9 Tempat Wisata Kuliner Salatiga Yang Paling Menarik

  1. Hello! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog.
    Is it hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
    I’m thinking about making my own but I’m not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions?
    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *