wisata kuliner sumedang

5 Tempat Wisata Kuliner Sumedang Yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on
Spread the love

Wisata kuliner sumedang – Sumedang adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang memiliki 26 kecamatan. Sumedang dikenal sebagai daerah yang bersuhu dingin karena sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan. Siapapun yang mengunjungi daerah ini, tentunya perlu mempersiapkan pakaian hangat yang memadai.

Selain dikenal bersuhu dingin, saat kata Sumedang terlintas, pastinya pikiran kita juga akan secara otomatis mengingat kekhasan makanan kota ini. Ya, tahu sumedang, makanan legendaris dari kota ini sudah menjadi salah satu identitasnya. Kenikmatan tahu ini sudah tersohor ke berbagai kota, sehingga banyak penjual di luar Sumedang yang menyediakan makanan khas ini. Siapapun yang ngidam tahu Sumedang, tidak perlu lagi jauh-jauh datang langsung ke tempat asalnya, cukup mencarinya ke penjual terdekat.

Namun bagi Anda yang sedang berwisata ke Sumedang, tetapi ingin mencari sesuatu yang berbeda, kami punya rekomendasi lain untuk Anda. Ada beberapa referensi makanan khas Sumedang selain tahu dan juga minuman yang bisa Anda cicipi. Berikut rekomendasi yang kami siapkan untuk Anda agar memberikan pengalaman wisata di Sumedang yang berbeda.

5 Tempat Wisata Kuliner Sumedang

1. Kunst House

kunst house, tempat wisata kuliner sumedang
Tempat wisata kuliner Sumedang yang pertama yaitu Kunst house. Dari nama tempatnya yang berkonten “house”, mungkin justru membuat bingung beberapa orang, apakah ini kafe atau tempat penginapan. Tentu saja Kunst House adalah salah satu nama café di Sumedang. Pemilik kafe ini memang sengaja menamai kafenya dengan Kunst House sesuai dengan tema tempat yang diajukan. Tempat ini memadukan kenyamanan rumah dengan kenikmatan sajian kopi beserta makanan lezat lainnya. Pelanggan yang datang akan dimanjakan dengan suasana homey yang ditemani sajian makanan dan minuman.

Konsep Kunst House yang begitu unik, berhasil menciptakan para pelanggan yang setia. Mereka merasa menjadi lebih rileks ketika berada di tempat ini, sehingga betah untuk duduk berlama-lama. Kafe ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Sumedang yang menjadi andalan para muda mudinya. Selain keunikan tempatnya, kafe ini juga ternyata menggunakan produk kopi lokal loh. Jadi, selain bisa mendapatkan suasana homey, pelanggan juga akan mendapatkan rasa kopi yang original, dan tentunya, membantu para petani lokal.

” Baca Juga : 5 Tempat Wisata Kuliner di Bandung Yang Patut Untuk Dicoba “

Untuk Anda yang ingin mengunjungi kafe ini, langsung saja datang ke Jl. Raya Jatinangor, Cikeruh, Kabupaten Sumedang. Kafe ini beroperasi dari pukul 7 pagi hinggga 12 malam. Jadi, jangan khawatir untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu hingga tengah malam. Sebagai tambahan pertimbangan, kafe ini mendapatkan rating 4.7/5 dari google review, dan untuk harganya berkisar 15 ribu sampai 35 ribu.

2. Lahang

lahang, minuman khas sumedang
Merupakan salah satu jenis minuman tradisional yang terbuat dari nira. Nira adalah cairan manis yang diperoleh dari batang tanaman atau bunga tumbuhan keluarga palma. Untuk minuman ini, nira yang dimaksud adalah cairan dari pohon aren. Adapun bagian pohon aren yang disadap yaitu bunga jantannya. Para petani pohon aren biasanya menggunakan bambu untuk menyadapnya.

Salah satu minuman khas di Sumedang ini sebenarnya dapat diperoleh di daerah pasundan lainnya, seperti Bandung dan Bogor. Namun, Kabupaten Sumedang sebagai salah satu penghasil gula aren tentunya lebih berpotensi untuk menemukan minuman ini. Pasalnya, saat ini lahang menjadi minuman yang sangat langka di Indonesia. Jadi, jika Anda sedang berada di Sumedang dan ingin menikmati kesegaran minuman isotonik tradisional, silahkan mengunjungi Desa Bangbayang. Desa Bangbayang adalah salah satu desa penghasil gula aren di Sumedang.

Namun sayangnya, saat ini sudah sedikit pula para petani yang masih menyadap pohon aren. Proses penyadapan yang tidak mudah serta prospek penjualan lahang yang semakin kecil membuat banyak petani yang enggan membuatnya lagi. Sehingga jika Anda ingin merasakan kesegaran lahang, mungkin Anda harus memesannya terlebih dahulu kepada petani pohon aren.

3. Bugen Pizza

bugen pizza, wisata kuliner sumedang yang paling enak
Menjadi salah satu wisata kuliner Sumedang yang iconic. Kelezatan pizza dengan keju mozzarella yang melimpah ini bahkan sudah merambah ke Kalimantan. Selain rasanya yang lezat, pizza yang satu ini tidak akan menguras kantong Anda. Satu loyang bugen pizza Sumedang dibandrol mulai 20 ribu hingga 25 ribu rupiah saja. Varian rasa yang ditawarkan pun cukup banyak dan unik, salah satunya yaitu menu pizza tahu sumedang.

Bagi Anda yang ingin menikmati langsung kelezatan bugen pizza, dapat langsung menuju ke outletnya di Jl. Pangeran Suriatmadja No. 16 Sumedang. Selain outlet utama, bugen pizza juga membuka cabang lain di Sumedang. Dan untuk Anda yang enggan keluar, Anda bisa memilih layanan pesan antar bugen pizza.

4. Bakso Solo Mas Geong

bakso solo mas geong, kuliner sumedang
Kenikmatan bakso solo memang sudah tidak diragukan lagi, sehingga Anda dapat menemuinya dimanapun Anda berada, termasuk di Sumedang. Ada banyak pedagang bakso solo di Sumedang yang bisa Anda pilih. Hal tersebut tentunya dikarenakan oleh banyaknya pecinta kuliner yang menyukai bakso.

Bagi Anda penggemar makanan berbentuk bulat ini, Anda bisa mencoba Bakso solo Mas Geong. Penjual tersebut merupakan salah satu yang menciptakan bakso enak di Sumedang. Tidak hanya dikenal lezat, namun juga murah. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Warung bakso ini terletak di pinggir jalan dekat SMK PP.

5. Saung Teko

saung teko, wisata kuliner sumedang
Tempat wisata kuliner Sumedang yang terakhir yaitu Saung teko yang merupakan salah satu tempat makan di Sumedang yang menghadirkan suasana yang berbeda. Desainnnya unik dengan suasana sunda yang sangat kental. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menikmati santap makan dengan suasana yang asri dan nyaman. Hiasan teko dari tanah liat dengan beragam bentuk menambah kecantikan tempat ini.

Tempat makan saung teko sangat cocok untuk acara keluarga, kantor maupun acara kumpul lainnya. Para pengunjung mengaku bahwa mereka sangat mengandalkan saung teko untuk acara makan-makan dalam partai besar. Para pelanggan setia saung teko merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan dan juga masakan. Meskipun menu makanan yang disajikan tidak berbeda jauh dengan warung sunda lainnya, namun masakan di warung ini terasa lebih lezat. Jenis masakan yang sama, namun diracik dengan bumbu khusus yang berbeda menciptakan sensasi rasa yang unik dan sedap.

Saung teko berlokasi di Jl. Raya Cimuja, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis, mudah diakses oleh kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan, tempat ini juga dilalui oleh angkutan umum perkotaan dan pedesaan, sehingga mudah untuk ditemukan.

Lima rekomendasi wisata kuliner Sumedang di atas bisa banget untuk Anda coba selagi berada di Sumedang, agar mendapatkan pengalaman wisata yang tidak biasa. Dari wisata kuliner yang kekinian hingga minuman khas yang langka bisa Anda temukan di Sumedang. Dan pastinya semua rekomendasi di atas aman untuk kondisi kantong Anda, dengan rasa yang patut diacungi jempol. Tinggal sesuaikan dengan selera yang Anda punya. Selamat berwisata kuliner, dan jangan lupa untuk mengabadikannya.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *