Wisata Lokal Air Terjun Payakumbuh di Ngarai Harau

Wisata Lokal – Lembah Harau adalah objek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Sumatra Barat, sampai ada pernyataan bahwa rasanya tidak lengkap ke Sumatra Barat tanpa mampir ke Lembah Harau. Harau adalah tebing/lembah yang sangat besar dan dikelilingi oleh tebing batu granit setinggi ratusan meter juga dilengkapi dengan 6 lembar air terjun yang masih sangat alami. Terletak di Lima Puluh Kota Regency, dapat diambil sekitar 1 jam dari Bukittinggi dan 1/2 jam dari Kota Payakumbuh, akses ke lokasi juga sangat mudah karena dilengkapi dengan jalan yang baik dan di sepanjang perjalanan kami akan disuguhi A Pemandangan yang menakjubkan dengan jajaran tebing tinggi gedung pencakar langit di antara sawah hijau yang menguning.

Kagum terhadap ciptaan Tuhan adalah rasa pertama yang tiba di waktu memasuki Lembah Harau, di daerah ini seolah -olah kita berada di benteng alami raksasa yang dikelilingi oleh dinding tinggi, di tepi yang mengalir sungai jernih yang airnya bersumber dari air terjun yang jatuh dari tepi tebing. Dikatakan bahwa dulu ada cerita rakyat bahwa daerah Lembah Harau pernah menjadi laut dan tebing tinggi adalah tanah yang memiliki istana di atasnya. Pada waktu itu ada seorang putri raja yang memutuskan untuk pergi ke laut karena cintanya pada seorang pria tidak dikutuk oleh ayahnya. Raja mencari putrinya tetapi tidak ditemukan, akhirnya raja memutuskan untuk mengeringkan lautan untuk menemukan putrinya, dan Laut Kering sekarang menjadi Lembah Harau.

Baca Juga : Sinopsis Sejarah Indonesia

Keindahan area pariwisata Lembah Harau sangat lengkap, sejak awal memasuki daerah wisata Harau, kami akan disuguhi pesona kesenjangan/celah alam, air terjun, tebing, dan beberapa gua. Selain air terjun Lembah Harau, ada juga cagar alam dan suaka margasatwa yang juga merupakan tempat conevere untuk beberapa hewan yang dilindungi seperti monyet panjang, siamang, harimau sumatra, beruang, tapir, landak, burung kuau, dll. Lokasi wisata harau ini dibagi menjadi 2, yaitu Sarasah Bunta, adalah daerah bagi mereka yang ingin menikmati suasana yang lebih alami karena di sini ada 5 air terjun dengan reservoir air terjun yang masih alami dengan pemandangan aslinya. Lokasi lain adalah akar dari ayunan, di sini ada kolam renang sehingga lebih baik bagi mereka yang ingin berenang, di daerah ini ada juga fasilitas lengkap seperti perkemahan, kolam renang dan jalan setapak yang dapat digunakan untuk hiking, dan Dilengkapi dengan pondok dan resor.

Mungkin ada orang -orang yang bertanya apa perbedaan antara Tur Sianok Canyon di Bukittinggi dan Lembah Harau di Payakumbuh, alih -alih sama dengan ngarai/lembah. Perbedaannya adalah bahwa di ngarai bukit dan tebing bukan batu berbatu seperti di Lembah Harau dan di Harau ada banyak air terjun, tetapi keduanya masih memiliki pesona sendiri. Di Harau juga karena ada banyak tebing curam, ini sering digunakan sebagai acara olahraga panjat tebing yang ekstrem untuk wisatawan lokal dan asing.

Baca Juga : Wisata Lokal Bengkulu Danau Seginim

Hal lain yang membuat daerah Lembah Harau unik dan menarik adalah kehadiran Lembah Echo, sebuah lembah yang jika kita berteriak di sana akan menghasilkan gema yang sempurna. Di Lembah Echo ada tempat yang digunakan sebagai referensi di mana kita harus berteriak, dan setelah suara pertama terdengar, itu akan diikuti oleh gema/gema lainnya sebanyak 7 kali dengan sempurna, dikatakan bahwa tempat itu Itu menghasilkan gema yang sempurna seperti ini hanya satu di dunia, yaitu di lembah Harau. Karena keindahannya juga mulai tahun ini Lembah Harau digunakan sebagai rute baru ke balapan sepeda Tour de Singkarak yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Lembah Harau ke dunia. Ngomong -ngomong, jika Anda bepergian ke Sumatra Barat, jangan lupa meluangkan waktu untuk berhenti ke Lembah Harau karena pemandangan yang disajikan sangat, mata menatapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.